DPP  

Dave Laksono Sebut Partai Golkar Tak Pernah Tawarkan Ridwan Kamil Jadi Cawapres Ganjar

Berita Golkar – Ridwan Kamil terus dikaitkan dengan bacapres dari PDIP Ganjar Pranowo. Ketua DPP Golkar Dave Laksono tegaskan pihaknya tidak pernah menawarkan mantan Gubernur Jabar itu untuk mendampingi Ganjar di Pilpres 2024.

Dia menyatakan, saat ini partainya telah bergabung dengan Koalisi Indonesia Maju yang mengusung Prabowo Subianto sebagai calon presiden 2024. Selain itu, pihaknya juga telah sepakat untuk mendorong ketua umumnya maju mendampingi Prabowo.

“Dari partai Golkar kita sudah masuk ke dalam koalisi Indonesia Maju. Dan kita juga tetap mendorong kader kita untuk menjadi calon wakil presidennya Pak Prabowo. Dan yang terbaik adalah Pak Airlangga Hartarto (Ketum Golkar),” kata Dave saat melakukan kunjungan ke Kota Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (9/9/2023).

Hanya saja, kata Dave, terkait dengan calon wakil presiden untuk mendampingi Prabowo Subianto, Partai Golkar tidak bisa memutuskannya sendiri. Hal ini akan lebih dulu dibahas oleh partai-partai yang tergabung dalam koalisi Indonesia Maju.

“Keputusan terakhir itu ada di dalam kesepakatan koalisi untuk menentukan pasangannya (Prabowo Subianto). Karena yang kita ingin itu kemenangan. Kita tidak ingin ego pribadi. Akan tetapi kita ingin kemenangan agar kita bisa mengabdi kepada rakyat,” kata Dave.

Sementara itu, saat disinggung soal munculnya nama Waketum Golkar Ridwan Kamil sebagai cawapres pendamping Ganjar Pranowo, Dave menegaskan hal tersebut bukan keputusan dari partainya. “Golkar tidak pernah menawarkan Pak Ridwan Kamil (jadi cawapres Ganjar Pranowo). Ini adalah murni dari pihak (pengusung) Pak Ganjar yang menyampaikan,” ucap Dave.

Sekadar diketahui, Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengungkap sejumlah nama kandidat calon wakil presiden (cawapres) Ganjar Pranowo yang dibahas dalam pertemuan para ketua umum parpol besama Megawati Soekarnoputri. Beberapa di antaranya adalah nama Mantan Gubernur Jabar Ridwan Kamil hingga Menkopolhukam Mahfud Md.

Pertemuan para ketum parpol pengusung Ganjar Pranowo itu digelar pada Senin (4/9/2023) lalu. Dalam pertemuan itu turut soal kandidat cawapres potensial pendamping Ganjar Pranowo.

“Pada saat pertemuan dengan para ketum parpol pengusung Pak Ganjar Pranowo di dalam pertemuan tertutup memang dibahas ya misalnya dari PPP menyampaikan Pak Sandiaga, kemudian dicermati beberapa nama yang lain, ada nama Pak Mahfud Md, kemudian ada nama seperti Pak Ridwan Kamil dan beberapa nama yang muncul di permukaan disuarakan oleh rakyat itu dikaji secara mendalam,” kata Hasto dikutip dari detikNews. {sumber}