Sugawa Korry Yakin Rai Mantra-De Gadjah Menang di Pilgub Bali 2024

Berita GolkarKetua DPD I Partai Golkar Bali Nyoman Sugawa Korry optimistis duet Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra-Made Muliawan Arya alias De Gadjah (Rai Mantra-De Gadjah) bisa menang dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Bali 2024.

Dia yakin duet yang diklaim mendapat restu dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu menang meski bertarung di kandang banteng. “Petarung itu harus yakin menang. Kalau tidak menang, ngapain bertarung,” kata Sugawa Korry seusai mendaftar sebagai bakal calon bupati (bacabup) Buleleng, Jumat (24/5/2024).

Seperti diketahui, Bali dikenal sebagai basis suara dari PDI Perjuangan sehingga disebut kandang banteng. Sugawa Korry mengatakan Koalisi Indonesia Maju (KIM) plus NasDem dan PKB, telah memiliki strategi untuk memenangkan Pilgub Bali 2024.

Namun, ia enggan membeberkan strategi yang telah disiapkan itu. “Strategi bukan untuk dibuka. Strategi untuk dirahasiakan. (Strategi) sudah pasti (ada) dong,” pungkasnya.

Sebelumnya, partai politik (parpol) yang tergabung dalam KIM sepakat mengusung duet Rai Mantra-De Gadjah dalam Pilgub Bali 2024. Pengumuman bakal calon gubernur dan wakil gubernur Bali itu disampaikan langsung oleh De Gadjah yang juga Ketua DPD Gerindra Bali di Denpasar, Jumat.

Hadir pula sejumlah tokoh parpol di Bali, seperti Ketua DPD Golkar Bali I Nyoman Sugawa Korry, Ketua DPD Partai Demokrat Bali I Made Mudarta, Ketua DPW PSI Bali I Nengah Yasa Adi Susanto, dan Ketua DPW NasDem Bali Julie Sutrisno Laiskodat.

“Pasangan gubernur dan wakil gubernur Bali yang akan dicalonkan dan didukung oleh peserta rapat dalam pelaksanaan konstelasi Pilkada 2024 Provinsi Bali adalah pasangan bakal calon (bacalon) yang didukung oleh Bapak Presiden RI Jokowi dan Presiden Terpilih 2024-2029 Bapak Prabowo Subianto, yaitu pasangan Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra sebagai bacalon gubernur Bali dan Made Muliawan Arya sebagai bacalon wakil gubernur Bali,” kata De Gadjah, Jumat.

De Gadjah mengungkapkan sikap KIM untuk Pilgub Bali 2024 tersebut sudah disepakati oleh dewan pimpinan partai (DPP) masing-masing. Ia menyebut duet Rai Mantra-De Gadjah akan mengawal setiap keputusan pemerintah pusat di bawah kepemimpinan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden dan wakil presiden terpilih pada Pilpres 2024.

Menurut De Gadjah, KIM telah sepakat mengusung hanya satu pasangan bakal calon untuk Pilkada Serentak yang berlangsung pada 27 November mendatang. Artinya, KIM hanya mencalonkan satu pasangan calon, termasuk dalam pemilihan bupati-wakil bupati dan wali kota-wakil wali kota se-Bali. {sumber}