Partai Golkar dan PKS Jalin Koalisi di Sejumlah Pilkada di Jawa Barat

Berita Golkar – Koalisi Golkar dan PKS sudah dimulai dari ujung barat Jawa Barat. Kota Depok. Koalisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Golkar Depok sepakat mengusung Imam Budi Hartono dan Ririn Farabi Arafiq bakal calon wali kota dan wakil wali kota Depok di Pilkada Serentak 2024.

PKS juara Pemilu tahun 2024. Kuota 20 persen sudah terpenuhi. Apalagi kalau PKS menggandeng Partai Golkar mengusung Calon Walikota dan Wakil Walikota.

Heri Koswara yang juga Ketua DPD PKS Kota Bekasi berpeluang besar maju sebagai bakal calon Walikota Bekasi berdampingan dengan kader Partai Golkar sebagai bakal calon Wakil Walikota.

Tidak menutup kemungkinan koalisi Golkar dan PKS berimbas ke daerah lain. Misalnya di Kota Bandung duet Siti Mumtamah-Edwin Senjaya, bakal calon Walikota dan Wakil Walikota Bandung.

Pilkada Kabupaten Bandung yang diprediksi akan seru karena antara Bupati Dadang Supriatna dan Wakil Bupati Sahrul Gunawan akan bertarung di salah satu kabupaten terpadat penduduknya di Jawa Barat.

Banyak kalangan memprediksi koalisi Partai Golkar dan PKS di Kabupaten Bandung dengan menduetkan Sahrul Gunawan-Gun Gun Gunawan, Wakil Bupati Bandung 2016-2021 semasa politisi senior Golkar, Dadang M Naser menjadi Bupati.

Mungkin ini yang ditunggu-tunggu publik Jawa Barat. Peluang koalisi Pilgub Jawa Barat antara Golkar dan PKS. Duet incumbent Ridwan Kamil-Haru Suandharu.

Peluang menang koalisi Golkar dan PKS cukup besar. Depok misalnya. Kader PKS sudah 20 tahun memegang posisi Walikota Depok dimulai dari era Nurmahmudi Ismail menggantikan Walikota Badrul Kamal dari Golkar.

Demikian pula di Kota Bandung. PKS selain juara Pileg 2024 di Kota Bandung. PKS juga tercatat salah satu partai pengusung Ridwan Kamil di Pilkada Kota Bandung tahun 2013. Duet Ridwan Kamil-Oded M Danial.

Ini juga membuka peluang bagi Golkar Kabupaten Bandung untuk mengambil kembali posisi Bupati Kabupaten Bandung setelah pada Pilkada tahun 2020 terlepas.

Popularitas dan elektabilitas Sahrul Gunawan yang digadang-gadang akan menang di Pilkada serentak tahun 2024 bila mengambil kader PKS sebagai bakal calon Wakil Bupati.

Bisa saja duet Ridwan Kamil diusung PKS di Pilkada Kota Bandung tahun 2013 berulang kembali di Pilgub Jawa Barat. Koalisi Golkar dan PKS. Ridwan Kamil-Haru Suandharu.

Pendukung PKS yang dikenal militan dan reputasi PKS di Jawa Barat diperkirakan bisa menutupi kelemahan Ridwan Kamil di pemilih Islam perkotaan sementara Golkar sendiri kuat di pemilih perdesaan dan citra Ridwan Kamil moncer di media sosial.

Pilkada serentak tinggal berapa bulan lagi. Masa pendaftaran bakal calon bulan Agustus 2024. Politik masih dinamis. Bisa saja Golkar dan PKS bergandengan tangan di Pilkada Jawa Barat. Tentu, faktor ingin menang menjadi penentu arah koalisi Golkar dan PKS. Wallahua’alam bish-shawab.

Oleh: Tarmidzi Yusuf, Kolumnis