Survei PPI: Elektabilitas Dico Ganinduto-Raffi Ahmad Tertinggi di Pilgub Jateng

Berita Golkar – Lembaga survei Parameter Politik Indonesia (PPI) mengungkapkan duet Bupati Kendal Dico Ganinduto dan artis Raffi Ahmad merupakan pasangan terkuat untuk maju di Pilkada Jawa Tengah (Jateng) 2024. Sebab, dalam beberapa simulasi yang dilakukan dalam survei pada 15-21 Mei 2024, pasangan Dico-Raffi memperoleh elektabilitas paling tinggi.

Dalam simulasi pertama, duet Dico-Raffi meraih elektabilitas 28,3 persen, unggul dibandingkan duet Hendrar Prihadi-Taj Yasin yang memperoleh elektabilitas 25,6 persen, dan Yusuf Chudlori-Sudirman Said yang meraih 16,4 persen. Hanya saja, angka responden yang belum menentukan pilihannya atau undecided voters cukup tinggi, yakni mencapai 29,7 persen.

“Jadi yang mengaku akan memilih pasangan Dico-Raffi itu adalah 28,3 persen, Hendi-Gus Yasin 25,6, kemudian Gus Yusuf-Sudirman Said 16,4 persen,” ujar Direktur Eksekutif PPI Adi Prayitno dalam jumpa pers virtual, Rabu (29/5/2024).

Menurut Adi, duet Dico-Raffi menjadi yang paling kuat di antara simulasi pasangan lain. “Ini kalau kita simulasikan tiga pasangan, itu artinya sepertinya memang duet Dico-Raffi ini relatif kuat dibandingkan dengan yang lain,” kata dia.

Lalu, PPI mencoba simulasi pasangan kedua. Adi memasang Hendrar Prihadi-Gus Yusuf, Dico Ganinduto-Taj Yasin, dan Irjen Ahmad Lutfi-Sudaryono. Hasilnya, Hendrar-Gus Yusuf unggul dengan elektabilitas 28,1 persen, disusul Dico-Taj Yasin (23,4 persen), dan Luthfi-Sudaryono (9,1 persen).

Simulasi ketiga, Gus Yusuf-Taj Yasin memperoleh 25,4 persen, Hendrar-Joko Sutopo (21,7 persen), dan Luthfi-Dico (18,2 persen). Sementara itu, simulasi terakhir menunjukkan duet Gus Yusuf-Joko Sutopo unggul dengan 22,9 persen, Bambang Pacul-Taj Yasin (21,1 persen), dan Dico-Luthfi (20,2 persen).

Survei PPI kali ini digelar pada 15-21 Mei 2024 dengan mewawancarai 800 responden. Survei ini menggunakan metodologi multistage random sampling. Margin of error dalam survei kurang lebih 3,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Adapun spanduk bergambar Dico dan Raffi sudah tersebar di beberapa titik di Jawa Tengah. Raffi mengaku sudah diajak berduet oleh Dico tapi belum memutuskan untuk berkontestasi di Pilkada 2024. Raffi mengatakan, ia masih mau berdiskusi dengan keluarganya tentang ajakan Dico menemaninya ke Pilkada Jawa Tengah.

“Ya terima kasih mas atas ajakannya, kepercayaannya. Ini pas banget minggu depan aku mau haji lagi, maksudnya biar (didoakan) dulu. Mas mohon izin kalau ini kan suatu hal yang baru buat saya. Jadi biar saya ikhtiar dulu, ngobrol sama keluarga, sama istri,” ujar Raffi Ahmad di daerah Tendean, Jakarta Selatan, Selasa (28/5/2024). {sumber}