DPP  

Ahmad Doli Kurnia: Partai Golkar Ingin Ridwan Kamil Maju di Pilgub Jabar

Berita Golkar – Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia menyebut partainya lebih condong ingin mengusung Ridwan Kamil (Kang Emil) sebagai calon gubernur (cagub) di Pilkada Jawa Barat (Jabar) 2024.

Berdasarkan hasil survei, Kang Emil mempunyai peluang kemenangan yang lebih besar jika berkontestasi di Jabar dibandingkan di Jakarta. Namun, dia memastikan sejauh ini Golkar belum memutuskan karir politik anggota tersebut.

“Dan Ridwan Kamil ini di Jawa Barat sudah teruji, pertama approval ratingnya cukup tinggi sekali dan elektabilitasnya tidak ada yang menandingi, jauh sekali di atas nama-nama yang lain,” kata Doli kepada wartawan di Jakarta, Rabu, 19 Juni 2024.

Menurutnya, Golkar bakal menilai pengusungan calon untuk pilkada berdasarkan kepentingan daerahnya. Untuk itu, kata dia, figur yang akan diusung bakal betul-betul cocok untuk membawa kemajuan dalam pembangunan.

Dalam hal itu, dia menilai masyarakat Jabar masih menginginkan Kang Emil menjadi gubernur karena pada periode sebelumnya dianggap berhasil memimpin. Kang Emil merupakan Gubernur Jabar periode 2018-2023.

“Dan kemudian masih ada program-program atau janji kampanye yang mungkin belum dianggap tuntas, belum selesai oleh masyarakat Jawa Barat,” ucap dia.

Terkait peluang di Jakarta, Doli menyebut elektabilitas Kang Emil sudah tertandingi oleh nama-nama lain yang muncul seperti Anies Baswedan dan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)z Sebelum nama-nama tersebut muncul, dia pun mengakui elektabilitas Kang Emil di Jakarta memang cukup baik.

“Kami juga punya kesepahaman yang kedua, ya bahwa konfigurasi, peta politik di nasional belum tentu juga bisa dijiplak bulat-bulat di setiap daerah,” ucap dia. {sumber}