Gangguan Server PDN Kominfo, Dave Laksono Minta Pemerintah Serius Jaga Data Rakyat

Berita GolkarAnggota Komisi I Fraksi Golkar DPR, Dave Laksono, menanggapi gangguan server Pusat Data Nasional (PDN) yang masih mengalami gangguan lebih dari 24 jam dan berdampak terhadap layanan keimigrasian di bandara dan pelabuhan.

Dave meminta pemerintah segera membuat langkah terukur untuk segera memulihkan server PDN dan menjaga data masyarakat.

“Di sini kita menuntut keseriusan pemerintah menjaga data-data masyarakat. Maka itu, kita meminta pemerintah untuk membuat langkah-langkah tegas karena apa yang terjadi dengan imigrasi ini bisa terjadi dengan kementerian lainnya yang berpotensi memiliki dampak yang lebih fatal,” kata Dave saat dihubungi, Sabtu (22/6).

Dia menuturkan pemulihan server PDN harus melibatkan sejumlah kementerian dan lembaga terkait. Dave pun menyayangkan server PDN yang terus mengalami gangguan, padahal dibuat dengan anggaran yang besar.

“Gangguan yang terjadi di PDN ini melibatkan berbagai macam kementerian/lembaga bukan hanya BSSN, tapi juga Kominfo dan juga kementerian terkait lainnya dan ini membutuhkan langkah-langkah yang tegas dari pemerintah,” tutur politikus Golkar itu.

“Langkah apa saja yang akan diambil dan juga penanggulangannya seperti apa. Mengingat investasi yang telah dibuat untuk membangun PDN sudah sangat tinggi dan kebutuhannya sangat nyata akan tetapi gangguannya masih terus terjadi,” tandas Dave.

Server PDN mengalami gangguan sejak Kamis (20/6) dan belum juga pulih. Gangguan ini berdampak pada sistem kelembagaan, termasuk keimigrasian di seluruh Indonesia.

Di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, antrean panjang terjadi di area keimigrasian untuk penerbangan internasional. Gangguan pada sistem auto gate memaksa petugas kembali menggunakan pemeriksaan manual. {sumber}