6 Figur Bakal Calon Walikota Gorontalo Dari Partai Golkar: Ryan Kono Hingga Meyke Camaru

Berita Golkar – Inilah enam sosok bakal calon Walikota Gorontalo di Pilkada 2-2024 direkomendasikan Partai Golongan Karya (Golkar).

Mulai dari Ryan Kono hingga Iskandar Chika Uno turut meramaikan perhelatan Pilkada 2024 yang akan dilaksanakan pada November 2024 nanti.

Dari 31 nama calon kepala daerah yang tengah disiapkan Golkar, ada enam nama yang masuk bursa pemilihan Wali Kota Gorontalo.

Berikut 6 sosok calon Wali Kota Gorontalo 2024 yang direkomendasikan Golkar.

1. Ryan F Kono

Ryan F Kono merupakan mantan Wakil Wali Kota Gorontalo. Ia mendampingi Marten Taha selama dua periode. Pria kelahiran 1987 ini merupakan putra dari Roem Kono, Duta Besar Indonesia untuk Bosnia dan Herzegovina sejak Oktober 2020. Ryan adalah alumnus Curtin University Perth Australia.

Selama mengenyam pendidikan di Negeri Kangguru, Ryan ternyata pernah bekerja sebagai kuli di bengkel otomotif. Juga pernah menjadi cleaning service di restoran.

Ryan akhirnya menyelesaikan studinya sebagai Bachelor Of Commerce (B.COM ) di Bidang Komunikasi Bisnis. Ryan sempat menjadi Wakil Wali Kota Gorontalo selama dua periode, mendampingi Marten Taha sejak 2014 hingga 2024.

2. Meyke Camaru

Wanita kelahiran 1973 ini merupakan anggota DPRD Provinsi Gorontalo periode 2019-2024. Karier politik Meyke Camaru cukup mentereng. Terbukti ia meraih suara terbanyak di daerah pemilihan Kota Gorontalo pada Pemilu 2024.

Istri dari ketua DPRD Kota Gorontalo, Ferdiyanto Koniyo ini unggul perolehan suara dari politisi senior lainnya. Namanya saat ini digadang-gadang salah satu bakal calon Wali Kota di Pilkada 2024.

3. Fikram Salilama

Fikram Salilama merupakan anggota petahana DPRD Provinsi Gorontalo. Ketua Umum KONI Provinsi Gorontalo periode 2023-2027 ini kembali terpilih pada Pemilu 2024.

Sama seperti Meyke, Fikram juga sudah lama berkecimpung di dalam parlemen. Sebab sejak berumur 10 tahun dirinya sudah belajar mengenai politik. Putra Aden Zakaria Salilama, Wakil DPRD Kotamadya Gorontalo di tahun 90-an ini sudah mengikuti ayahnya bekerja dari pulang sekolah hingga larut malam.

Ia juga sering mengikuti ayahnya bertugas seperti memimpin rapat ataupun kegiatan reses yang dilakukan ayahnya.Didikan politik dari sang ayah terus diberikan aik di rumah sampai dirinya duduk di bangku Sekolah Menengah Kejuruan.

Ia pernah gagal saat mendaftarkan diri menjadi seorang mahasiswa di Universitas Samratulangi untuk menekuni bidang politik. Menariknya, di masa usia yang masih remaja dan tengah menjalani kuliah di Akademi Bank, Fikram sendiri telah dilirik salah satu partai politik besar yakni Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Mulai dari situlah dirinya berkarir menjadi anggota pengurus partai.

4. Risman Taha

Adik kandung dari mantan Wali Kota Gorontalo, Marten Taha ini ternyata dilirik oleh Golkar untuk menjadi calon Wali Kota Gorontalo meneruskan jejak kakaknya. Walaupun ia pernah mendekam di dalam tahanan selama tujuh bulan, tidak membuat gentar Risman Taha saat diisukan menjadi calon Wali Kota Gorontalo.

Aktivis Gorontalo ini memiliki ratusan massa pendukung fanatik yang tidak pernah meninggalkannya. Orator ulung ini sangat digemari karena kebiasaannya mengungkapkan hal yang benar dan dengan lantang menyuarakan aspirasi masyarakat.

Dirinya pernah duduk di kursi parlemen Andalas sebagai Ketua karena kepercayaan masyarakat Kota Gorontalo terhadapnya pada periode 2019-2024.

5. Irwan Hunawa

Irwan Hunawa merupakan Ketua Komisi C DPRD Kota Gorontalo periode 2019-2024. Alumnus Sekolah Teknologi Menengah (STM) Gorontalo tahun 1996 ini juga merupakan ketua fraksi Golkar di DPRD Kota Gorontalo.

6. Iskandar Chiko Uno

Chiko adalah Anak pertama dari pasangan Abdul Rahman Uno dan Lucky Niode. Ia merupakan Ketua Umum Himpunan Pengusaha Indonesia (HIPMI) Gorontalo.

Pria akrab disapa Chiko ini berpeluang mendatangkan investor-investor baru untuk berinvestasi di Kota Gorontalo. Chiko Uno mengawali karier sebagai pengusaha di bidang jasa tenaga kerja, periklanan, percetakan, kontruksi, barang, jasa serta olahraga.

Ia sempat diajak Presiden RI, Joko Widodo dalam menghadiri KTT Internasional, Amerika Serikat pada tahun 2023 silam. {sumber}