Pilar Saga Ichsan Ingin Ciptakan Generasi Peduli Lingkungan Lewat Pembinaan Sekolah Adiwiyata di Tangsel

Berita Golkar – Wakil Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Pilar Saga Ichsan, menegaskan bahwa sekolah Adiwiyata harus mampu membentuk generasi yang peduli terhadap alam dan lingkungan.

Pernyataan tersebut disampaikannya saat memberikan pembinaan sekolah Adiwiyata tingkat nasional di SMPN 5 Tangsel pada Jumat (19/07/2024).

“Kalau alumni SMPN 5 Tangsel tidak peduli akan lingkungan, sama saja bohong. Jadi apa yang kita lakukan ini hanya seremonial semata. Kalau Adiwiyata ingin sukses, maka kita harus melihat apakah generasinya benar-benar peduli terhadap lingkungan atau tidak,” tuturnya.

Menurutnya, pembinaan terhadap generasi peduli lingkungan harus dilakukan secara konsisten. Pilar juga meyakini bahwa masyarakat harus menyadari pentingnya itu sebagai tanggungjawab bersama dalam menciptakan generasi yang peduli terhadap kebersihan dan alam.

“Ini sangat penting di sekolah Adiwiyata; kita tidak hanya sekedar mendapatkan predikat, tetapi menerapkannya sebagai kebiasaan sehari-hari,” jelasnya.

Selain itu, kebiasaan baik yang ditanamkan melalui sekolah Adiwiyata diharapkan juga diterapkan di rumah siswa masing-masing. Sehingga dapat membentuk kebiasaan positif dan diterapkan di lingkungan tempat para siswa berada.

“Ini sangat penting, jangan anggap enteng apa yang kita lakukan hari ini, karena ini sangat bermanfaat di masa depan,” pungkasnya. {sumber}