Mitigasi Kondisi Ekonomi Global, Airlangga Hartarto Nilai Penguatan Kinerja Sangat Diperlukan

Berita Golkar – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, mengatakan berbagai tantangan perekonomian global ke depan masih perlu terus dimitigasi, salah satunya dengan melakukan penguatan kinerja di berbagai sektor.

Terlebih fondasi perekonomian nasional saat ini masih terus mengalami penguatan seiring dengan berbagai upaya yang telah dilakukan Pemerintah.

Hingga Q1-2024, pertumbuhan ekonomi tercatat mencapai 5,11 persen (yoy) dan diprediksi akan tumbuh di atas 5 persen (yoy) hingga akhir tahun 2024. Tingkat inflasi juga masih terjaga pada rentang target sasaran sebesar 2,51 persen (yoy) per Juni 2024.

“Tentu untuk program-program yang unggulan kita perlu terus didorong pencapaiannya, salah satunya yaitu untuk digital, terkait dengan pembangunan infrastruktur itu juga perlu terus didorong ke depan,” kata Airlangga dalam keterangan persnya, Minggu 21 Juli 2024.

Dengan berbagai program dan strategi yang telah diimplementasikan pemerintah, ia mengaku optimis terhadap sasaran ekonomi saat ini, sekaligus yakin Indonesia mampu membentuk fondasi ekonomi yang kuat untuk keberlangsungan pembangunan di masa mendatang.

Meski telah diliputi dengan berbagai capaian yang solid, Airlangga menyebut bahwa ke depan sejumlah tantangan masih akan dihadapi, salah satunya adalah fluktuasi harga komoditas.

“Saya berharap bahwa berbagai kebutuhan fiskal juga bisa dilakukan dengan cara-cara yang lebih inovatif termasuk kerja sama dengan perbankan, lembaga keuangan, maupun lembaga pembiayaan Pemerintah seperti PT SMI,” tandasnya. {sumber}