DPD 1  

Mohan Roliskana Siap Amankan Rekomendasi DPP Partai Golkar Untuk Iqbal-Dinda di Pilgub NTB

Berita Golkar – DPD I Partai Golkar Nusa Tenggara Barat (NTB) angkat bicara perihal keputusan DPP yang mendukung Lalu Muhamad Iqbal-Indah Dhamayanti Putri (Iqbal-Dinda) di Pemilihan Gubernur (Pilgub) NTB 2024.

Ketua DPD Partai Golkar NTB Mohan Roliskana mengatakan tunduk dan patuh terhadap keputusan yang diambil DPP. Pihaknya di daerah bakal menindaklanjuti keputusan tersebut. Menurutnya, Partai Golkar NTB solid mendukung keputusan DPP.

“Tentang rekomendasi dukungan terhadap Pak Iqbal dan Ibu Dinda yang diumumkan DPP bisa dimaknai kepastian tentang arah dukungan Golkar pada kontestasi Pilgub NTB dan tentu prinsipnya kami sebagai pimpinan wilayah akan tegak lurus terhadap kebijakan DPP Partai Golkar,” kata Mohan kepada detikBali, Kamis (8/8/2024).

Mohan menerangkan, sebagai partai pemenang di Bumi Gora, DPP Partai Golkar menerapkan prinsip kehati-hatian dalam menentukan dukungan di Pilgub NTB. Sebab menurutnya, Partai Golkar ingin memastikan pasangan calon yang diusung memiliki kans besar memenangkan kontestasi Pilgub NTB 2024.

“Golkar di akhir menentukan sikap dalam memberikan arah dukungan sebagai sikap partai yang menerapkan prinsip kehati-hatian dalam mengambil keputusan politik. Variabel yang utama dalam menentukan arah dukungan tersebut adalah kecenderungan hasil survei,” ujar Wali Kota Mataram itu.

Sebelumnya, DPP Partai Golkar memutuskan mendukung duet Iqbal-Dinda di Pilgub NTB 2024. Dukungan kepada Iqbal-Dinda dibacakan Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia bersamaan dengan dukungan Golkar kepada sembilan calon kepala daerah (cakada) lain di Jakarta, Kamis (8/8/2024).

“Di Nusa Tenggara Barat kami mencalonkan sebagai calon gubernur adalah saudara Lalu Muhamad Iqbal dan calon wakil gubernurnya Indah Dhamayanti Putri,” kata Ahmad Doli sebagaimana video yang dikutip detikBali.

Sekretaris DPD I Partai Golkar NTB Firadz Pariska membenarkan penyerahan rekomendasi tersebut. “Benar (sudah diputuskan) DPP Partai Golkar mendukung Pak Iqbal dan Ibu Dinda di Pilgub NTB 2024,” kata Firadz.

Partai Golkar merupakan partai pemenang Pileg 2024 di NTB. Mereka mengoleksi 10 kursi dan berhak memegang palu ketua DPRD NTB. Partai Golkar melengkapi dukungan ke Iqbal-Dinda di Pilgub NTB 2024.

Selain Golkar, Iqbal-Dinda sudah lebih dahulu mendapatkan tiket Partai Gerindra (10 kursi), Partai Persatuan Pembangunan atau PPP (6 kursi), dan Partai Amanat Nasional atau PAN (4 kursi). Iqbal-Dinda juga didukung partai non-parlemen (tidak ada kursi di DPRD NTB) seperti Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan Partai Gelora. {sumber}