Daftar 9 Rekomendasi Calon Kepala Daerah Dari Partai Golkar Untuk Pilkada Se-Provinsi Jawa Tengah

Berita Golkar – Partai Golkar resmi memberikan rekomendasi kepada calon kepala daerah di 9 kabupaten/kota di Jawa Tengah (Jateng) pada Pilkada Serentak 2024. Berikut sembilan pasangan calon (paslon) kepala daerah di Jateng yang sudah mendapat rekomendasi Golkar.

Rekomendasi Partai Golkar diberikan melalui surat keputusan (SK) yang keluar per hari ini, Jumat (9/8/2024).

Hal tersebut disampaikan Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Golkar Wilayah Jawa Tengah dan DIY, Iqbal Wibisono. “Hari ini, sudah kita keluarkan sembilan rekomendasi calon bupati dan wakil bupati di Jateng, termasuk wali kota dan wakil wali kota,” kata Iqbal kepada Solopos.com, Jumat.

Iqbal menambahkan sejumlah daerah lain belum keluar rekomendasi karena masih dilakukan kajian terhadap kandidat yang potensial, termasuk Kota Semarang. Sebelumnya, Golkar disebut-sebut telah memberikan rekomendasi kepada Bupati Kendal, Dico M. Ganinduto, untuk maju dalam Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilwalkot) Semarang.

Meski demikian, rekomendasi resmi kepada Dico dan pasangannya hingga kini belum turun. Iqbal pun menyebut kemungkinan rekomendasi kepada paslon di Kota Semarang, termasuk 24 daerah lainnya akan turun pekan depan.  “Masih banyak yang belum turun [rekomendasi], masih ada 25 daerah. Insyaallah pekan depan,” bebernya.

Lebih lanjut, Iqbal menyampaikan keterlibatan kader di pilkada menjadi pertimbangan Partai Golkar untuk mengeluarkan rekomendasi. Oleh karena itu, ia mendorong kader partai berlambang pohon beringin itu agar maju atau mencalonkan diri pada pilkada di Jateng.

“Di semua pilkada kita upayakan sebisa mungkin kader untuk maju. Kita ingin menitipkan atau memajukan mendorong kader partai kita,” jelasnya.

Berikut daftar paslon di 9 daerah di Jateng yang telah mendapat rekomendasi Partai Golkar:

  1. Kota Tegal : Faruq Ibnul Haqi-Muhammad Ashim Adz Dzorif Fikri
  2. Kota Pekalongan : Achmad Afzan Arslan-Balqis Diab
  3. Kota Magelang : Muchammad Nur Aziz-M. Mansyur
  4. Karangayar : Ilyas Akbar Almadani-Tri Haryadi
  5. Pekalongan : Fadia Arafiq-Sukirman
  6. Temanggung : Al Khadziq-Bimo Alugoro
  7. Cilacap : Syamsul Aulia Rachman-Sindy Syakir
  8. Purworejo : Yuli Hastuti-Dion Agasti Setiabudi
  9. Banyumas : Ma’aruf Cahyono-Rachmad Imanda {sumber}