Peringati Hari Pramuka, Bupati Aditya Halindra Janji Naikkan Dua Kali Lipat Dana Hibah Kwarcab Tuban

Berita Golkar – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Pramuka ke 63, Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky janjikan akan naikkan dana hibah untuk Kwarcab Kabupaten Tuban sebesar dua kali lipat dibandingkan tahun ini. Hal tersebut ia sampaikan saat menghadiri upacara peringatan HUT Pramuka, Rabu (14/8/2024) di GOR Rangga Jaya Anoraga.

“Tahun ini anggaran untuk Pramuka sebesar Rp 20 juta per tahun, tahun 2025 akan saya tambah menjadi dua kali lipat,” ujar Bupati.

Selain itu, dalam peringatan HUT Pramuka ini dirinya juga menitik beratkan pada potensi Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di Kabupaten Tuban, mulai dari tingkat Ranting, Siaga, Penggalang hingga Penegak.

“Kami dari Pemerintah Kabupaten Tuban akan terus mendorong kualitas SDM para anggota, mengingat pendidikan yang diterapkan oleh Pramuka Tuban sangat luar biasa,” ucapnya.

Selain itu, Bupati juga meminta agar kegiatan tahunan Pramuka dapat dilakukan sebanyak dua kali, yang sebelumnya hanya dilakukan sebanyak satu kali dalam satu tahun.

Bahkan, dirinya juga meminta agar Pramuka dapat menjadi ajang pemberian beasiswa bagi anggota yang tidak mampu dan berprestasi, agar dapat melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi.

“Di tahun 2025 akan kami agendakan, sehingga para anggota dapat lebih semangat lagi ketika mengikuti Pramuka, begitupun orang tua juga agar lebih mendukung putra-putrinya,” ujar Lindra.

Melihat kesiapan dari para anggota, Pemerintah Kabupaten Tuban yakin bahwa Pramuka dapat melaksanakannya dengan penuh tanggung jawab. “Banyak anggota Pramuka yang berprestasi, semoga dapat terus ditingkatkan,” katanya, mengakhiri.

Sementara itu, Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Tuban Kacuk Karsono, sangat mengapresiasi rencana Bupati Tuban dalam menambah anggaran. “Tentu anggota akan sangat senang, ini bentuk perhatian mas Bupati dengan Pramuka. Karena melalui ini akan dapat membentuk karakter generasi muda, pasti akan sangat melejit dibandingkan dengan Kabupaten lain,” ujar Kacuk.

Terkait beasiswa, dirinya akan menentukan dengan matang terlebih dahulu siapa saja peserta yang berhak mendapatkan beasiswa tersebut. {sumber}