Tahun 2024, Cen Sui Lan Tercatat Telah Bangun 431 RTLH Untuk Masyarakat Natuna

Berita Golkar – Cen Sui Lan alias Hj. Aisyah, kembali menunjukkan bukti kepeduliannya terhadap daerah dan masyarakat di Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Pasalnya, setelah sukses membangun sejumlah program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS), atau yang lebih dikenal dengan bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), untuk ratusan masyarakat Natuna di tahun anggaran 2022 dan tahun 2023 lalu, kini di tahun anggaran 2024, Cen Sui Lan kembali akan membangun setidaknya 431 unit RTLH untuk masyarakat di Kabupaten Natuna.

“Tahun ini (2024, red) akan kita bangun lagi sebanyak 431 unit RTLH, untuk masyarakat Natuna,” terang Cen Sui Lan, ketika ditemui sejumlah awak media di gedung Sri Serindit, Jalan Yos Sudarso, Kelurahan Batu Hitam, Kecamatan Bunguran Timur, pada Senin (26/08/2024) pagi.

Pembangunan RTLH itu, dibangun menggunakan dana aspirasi Cen Sui Lan, sebagai Anggota Komisi V DPR RI dari Fraksi Golkar, daerah pemilihan (Dapil) Kepri.

Saat ini, sudah ada sekitar 200 unit yang telah selesai proses verifikasinya. Sisanya sekitar 231 unit, masih menunggu SK keluar. “Targetnya tahun ini selesai semua, paling tidak verifikasinya selesai, nanti tinggal pembangunannya. Kalau masalah anggaran kan sudah ada,” terang Cen Sui Lan.

Untuk mensukseskan program BSPS atau RTLH ini, Cen Sui Lan telah mengalokasikan dana aspirasinya sekitar Rp 8,6 miliar.

Wanita muslimah, yang didapuk sebagai Ketua Dewan Pembina Persatuan Islam Tionghua Indonesia (PITI) Provinsi Kepri itu menambahkan, jika bantuan bedah rumah darinya itu, nantinya akan dibangun tersebar di sejumlah pulau yang ada di Kabupaten Natuna.

“Kita sebar (pembangunannya) di seluruh Kabupaten Natuna, termasuk di Pulau Serasan juga. Alhamdulillah, seneng kan, ini semua untuk masyarakat Natuna,” ungkap wakil rakyat Senayan, yang telah 5 kali berkunjung ke Bumi Laut Sakti Rantau Bertuah itu.

“Bagi yang punya saudara sekiranya perlu di bantu, nanti dibangunkan melalui Kementerian PUPR, silahkan diajukan saja,” imbuh Cen Sui lan.

Selain bantuan bedah rumah, istri dari H. Raja Mustakim, yang merupakan Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Provinsi Kepri itu, juga akan membangun sejumlah infrastruktur penting di Kabupaten Natuna. Mulai dari jalan, embung, pelabuhan, jembatan, dan sejumlah pembangunan infrastruktur lainnya.

“Contohnya Embung di Serasan sudah selesai kita kerjakan, melalui Kementerian PUPR. Embung tersebut untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi warga yang menghuni Huntap (Hunian Tetap) di Serasan. Habis ini juga ada pembangunan embung di daerah Subi,” pungkas Cen Sui Lan.

Kepedulian Cen Sui Lan alias Aisyah terhadap Kabupaten Natuna, juga mendapatkan acungan jempol dari Ketua Komisi II DPRD Natuna,  Marzuki.

Politisi Gerindra itu menilai, Cen Sui Lan bukanlah sosok yang suka mengumbar janji tanpa realisasi. Perhatiannya terhadap Natuna, juga sudah jauh dilakukan sebelum dirinya mencalonkan diri sebagai Bupati Natuna.

Marzuki menilai, pencalonan Cen Sui Lan sebagai Bupati Natuna adalah kesempatan emas yang harus dimanfaatkan masyarakat Natuna. Sebab, sebagai politisi di tingkat pusat, sudah tentu Cen Sui Lan mengetahui dapur Pemerintah Pusat. Hal itu akan menguntungkan bagi Natuna dalam melobi program maupun anggaran.

“Ini kesempatan emas kita, selama duduk di Komisi V DPR RI beliau ini mitra kerja dari beberapa kementerian, relasi itu tidak akan terputus meski beliau menjadi Bupati Natuna, justru beliau akan semakin tau apa yang dibutuhkan Natuna untuk diminta ke Pusat,” sebutnya.

Anggota DPRD Provinsi terpilih dari Dapil 7 Kepri itu juga berharap, agar masyarakat tidak lagi mempermasalahkan status Cen Sui Lan sebagai warga keturunan maupun agamanya. Sebab, Cen Sui Lan sudah dipastikan sebagai seorang muslimah sejak tahun 2008 silam.

“Dimana bumi dipijak, di situ langit dijunjung. Bu Cen Sui Lan ingin memajukan Natuna bersama putra daerah, pak Jarmin Sidik, maka tidak ada lagi alasan kita untuk menolak,” pungkasnya. {sumber}