Ketua DPD I Partai Golkar, Arinal Djunaidi Maju Pilgub Lampung Dari PDIP

Berita Golkar – Kader Partai Golkar Lampung dipastikan taat dan patuh terhadap perintah DPP Partai Golkar, khususnya dalam kontestasi Pilkada 2024 serentak di Lampung.

Diketahui, DPP Partai Golkar secara resmi mengeluarkan surat rekomendasi B1-KWK terhadap bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur, Rahmat Mirzani Djausal dan Jihan Nurlela, untuk Pilgub Lampung 2024.

Dengan turunnya surat rekomendasi B1-KWK tersebut, otomatis Ketua DPD I Partai Golkar Lampung, Arinal Djunaidi, yang sebelumnya menerima surat tugas dari DPP Partai Golkar, tidak akan diusung partainya sendiri.

Namun, di hari kedua rangkaian pendaftaran bakal calon di KPU Lampung, mencuat jika Arinal Djunaidi bakal diusung PDIP untuk maju sebagai bacalon gubernur di Pilgub Lampung 2024. Alhasil, atas kondisi tersebut, kader Partai Golkar Lampung dibuat bingung.

Ditanya sikap kader Partai Golkar, khususnya di Bandar Lampung, Ketua DPD ll Golkar Bandar Lampung, Yuhadi mengatakan, akan mengikuti prosesnya.

“Gimana ya jadi kelu lidahnya, di satu sisi dia (Arinal) ketua DPD l Golkar, di sisi lain partai sudah mengeluarkan rekomendasi, ya kita ikuti saja prosesnya,” kata Yuhadi kepada Tribunlampung.co.id, Rabu (28/8/2024).

Yuhadi menegaskan, sebagai kader Golkar akan tunduk dan patuh terhadap keputusan DPP Partai. “Sebagai kader kita akan patuh terhadap keputusan partai, kami akan sami’na wa atho’na terhadap DPP Partai Golkar,” tandas Yuhadi.

Daftar Hari Terakhir

Arinal Djunaidi, gubernur petahana dan ketua DPD l Partai Golkar Lampung, resmi direkomendasikan PDIP untuk maju di Pilgub Lampung 2024. Kepastian itu dikatakan Arinal setelah hadir di kantor PDIP Lampung, Rabu (28/8/2024).

“Saya hadir di sini kantor (PDIP) dan hasilnya besok saya mendaftar sebagai calon gubernur Lampung ke KPU Lampung,” kata Arinal Djunaidi, Rabu (28/8/2024).

Terkait wakil, dia mengatakan dari internal PDIP Lampung. “Saya keluar dari ruangan ini jadi sudah bisa diketahui wakilnya, liat besok,” ujarnya.

Disinggung terkait statusnya di Golkar Lampung, dia mengatakan masih menjadi ketua DPD l Golkar Lampung.  “Sampai detik ini saya masih ketua Golkar Lampung.”

“Terkait maju dari PDIP, boleh-boleh saja.”

“Saya kan warga Indonesia dan petahana, serta komunikasi ke kader Golkar baik-baik saja,” tuturnya menjawab pertanyaan awak media.

DPP Golkar Berikan Rekomendasi ke Rahmat Mirzani, Ismet Roni: Keputusan Partai Wajib Dijalankan

DPP Partai Golkar berikan rekomendasi kepada Rahmat Mirzani Djausal (RMD) dan Jihan Nurlela untuk maju di Pemilihan Gubernur Lampung 2024.

Rekomendasi itu diserahkan langsung Ketua Umum Golkar Bahlil Lahadalia didampingi Sekretaris DPD Golkar Lampung Ismet Roni di Jakarta, Minggu (25/8/2024) malam.

Saat dikonfirmasi mengenai rekomendasi Golkar tersebut, Ismet Roni mengatakan rekomendasi calon kepala daerah merupakan keputusan DPP Partai.

“Iya rekomendasi Golkar untuk Pilgub 2024 ditetapkan kepada RMD dan Jihan ini merupakan keputusan partai, kami di daerah tentu siap mengikuti perintah partai,” kata Ismet saat dihubungi Tribun Lampung, Senin (26/8/2024).

Dia mengtakan untuk rekomendasi bakal calon kepala daerah di tingkat kabupaten/kota akan diumumkan secepatnya. “Kan ini sudah mau pendaftaran di KPU, rekom partai di 15 Kabupaten/kota kemungkinan diumumkan hari ini dan besok,” ujarnya.

Lebih lanjut Ismet mengatakan, kader Golkar di daerah siap memenangkan calon yang diusung pada Pilkada 2024.  “Harapan kita yang diusung partai menang dan kader tentu siap menjalankan keputusan partai,” ucapnya.

Sementara Ketua DPD Golkar Lampung Arinal Djunaidi yang sebelumnya dapat surat instruksi untuk maju Pilgub Lampung, tidak terlihat dalam penyerahan tersebut.

“Alhamdulillah, kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Ketua Umum Partai Golkar Bahlil Lahadalia atas rekomendasi yang diberikan kepada kami sebagai pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Lampung,” ujar Mirza.

Ketua Gerindra Lampung itu menyampaikan bahwa dukungan yang semakin meluas ini semakin memperkuat semangatnya untuk berjuang bersama rakyat Lampung.

“Terima kasih juga kepada partai-partai sebelumnya yang telah memberikan dukungannya: Gerindra, PKB, NasDem, Demokrat, PKS, PAN, dan Partai Prima,” sambung Mirza.

Sebelumnya Golkar menugaskan dua kadernya untuk maju di Pilgub 2024. Kedua kader itu yakni petahana Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dan anggota DPR RI Hanan A Rozak.

Namun, menjelang pendaftaran ke KPU pada 27-29 Agustus, rekomendasi justru diberikan ke Ketua DPD Gerindra Lampung Rahmat Mirzani Djausal untuk Pilgub 2024. {sumber}