Menpora Dito Ariotedjo Bangga Indonesia Ditunjuk Jadi Tuan Rumah World Ability Sport 2025

Berita GolkarIndonesia dipercaya menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Disabilitas (World Ability Sport) pada 2025. World Ability Sport merupakan salah satu ajang bergengsi setelah Paralimpic.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo bersyukur Indonesia bisa terpilih menjadi tuan rumah. Hal ini menjadi kesempatan Indonesia untuk menaikkan kelas.

“Kami bersyukur Indonesia kembali mendapat kepercayaan internasional untuk menjadi tuan rumah kejuaraan kelas dunia,” ujar Dito, dikutip Sabtu, 31 Agustus 2024.

“Ini event untuk mengumpulkan poin dari seluruh peserta negara yang hasilnya berdampak pada Paralimpiade 2028,” ujarnya.

Terpilihnya Indonesia ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara National Paralympic Committee of Indonesia (NPC Indonesia) dengan perwakilan World Ability Sport di Paris, Prancis. Menpora Dito turut menyaksikan MoU tersebut.

Sebelumnya, Indonesia sukses menjadi tuan rumah ajang Asean Para Games 2011 dan 2022, Asian Para Games 2018, dan Fespic Games pada 1986. Latar belakang tu membuat World Ability Sport memberikan kepercayaan untuk menjadikan Indonesia sebagai tuan rumah. {sumber}