Tujuh Figur Calon Kepala Daerah Yang Diusung Partai Golkar di Pilkada Se-Gorontalo

Berita Golkar – KPU kabupaten/kota dan Provinsi Gorontalo telah menerima berkas pendaftaran para para calon kepala daerah. Koalisi sejumlah parpol juga sudah terbentuk, beberapa di antara calon kepala daerah, diusung dari koalisi.

Koalisi itu tidak lepas dari parpol besar yang berjaya saat pileg 14 Februari lalu. Sebut saja Golkar. Partai dengan lambang pohon beringin ini, memberikan rekomendasi dengan mengusung paslon di semua kabupaten/kota.

Namun tidak semua paslon yang diusung merupakan kader Golkar. Selain unggul di pileg DPRD Provinsi Gorontalo dengan delapan kursi, mereka juga menyabet kemenangan di beberapa kabupaten.

Modal itu membuat mereka sangat diperhitungkan pada kontestasi pilakda 2024. DPP maupun DPD I Golkar telah menyerahkan B1 KWK kepada tujuh paslon yang diusung baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota.

Berikut ini, tujuh paslon kepala daerah yang diusung Golkar pada kontestasi pilkada 2024.

1. Idah Syahidah Rusli

Idah berpasangan dengan Gusnar Ismail sebagai cagub. Keduanya diusung oleh Golkar, Gerinda, Demokrat, PBB, dan Prima. Kader Golkar yang satu ini berpasangan dengan Rum Pagau dari partai NasDem.

2. Henrda Hemeto dan Wasito

Sumawiyono (Cabup-Cawabup) Kabupaten Gorontalo. Di Kabupaten Gorontalo, Golkar menjadi peraih kursi terbanyak. Modal itu menjadi salah satu kekuatan Golkar mengusung dua kadernya sendiri.

3. Ryan Kono

Mantan Wakil Wali Kota ini sepertinya berniat melanjutkan pembangunan Kota Gorontalo yang pernah ia mulai di periode sebelumnya bersama Marten Taha. Pada Pilwako 2024, ia maju dengan menggandeng Charles Budi Doku sebagai wakilnya dari partai Nasdem.

4. Thariq Modanggu dan Nurjanah Yusuf

Di Kabupaten paling utara Gorontalo ini, Golkar justru maju secara independen tanpa koalisi dengan parpol manapun. Di Kabupaten Pohuwato dan Bone Bolango, tak ada kader Golkar yang menjadi figur cabup-cawabup, meski begitu, Golkar tetap turut serta memberikan rekomendasinya.

Di Pohuwato, rekomendasi diberikan kepada Saiful Mbuinga dan Iwan Adam. Sementara di Kabupaten paling timur Gorontalo, Bone Bolango, rekomendasi diberikan kepada Ismet Mile dan Risman Tolingguhu. {sumber}