Gagal Tes Kesehatan, Partai Golkar Segera Cari Pengganti Suhartina Bohari di Pilkada Kabupaten Maros

Berita GolkarKPU Maros meminta Chaidir Syam mengganti bakal calon wakil bupati (bacawabup) pendampingnya Suhartina Bohari yang dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) dalam tes kesehatan.

DPD I Partai Golkar Sulawesi Selatan (Sulsel) kini akan menyiapkan kadernya untuk menggantikan Suhartina yang juga Ketua DPD II Partai Golkar Maros.

“Kita dorong kader Golkar dong kalau memang pasti (TMS) karena yang diganti kader Golkar,” ujar Ketua Bappilu DPD Partai Golkar Sulsel La Kama Wiyaka dikutip dari DetikSulsel, Sabtu (7/9/2024)

Dia berharap partai pengusung lainnya tidak ngotot mengusul kadernya. La Kama menyinggung soal etika politik jika ada parpol lain yang mendorong kadernya sebagai pengganti. Dia juga berharap bakal calon bupati petahana Chaidir Syam mematuhi etika dan moral politik tersebut.

“Ini kan format baku. Persoalan etika dan moral, begitu dia ambil yang lain bagaimana etikanya, bagaimana moralitasnya. Kita berpartai untuk kepentingan masyarakat, kalau dia ambil yang lain kan lain ceritanya,” tegas La Kama.

Meski demikian, dia juga yakin jika Suhartina akan ngotot agar kader Golkar yang menggantikannya. Apalagi ada sejumlah kader Golkar di Maros yang potensial.

“Kan Ibu Suhartina pasti bertahan juga. Banyak ji (kader Golkar) di Maros, ada mantan ketua DPRD Maros Andi Patarai Amir, ada yang lain juga. Ada juga putrinya Ibu Suhartina, ada juga menantunya. Anak dan menantunya Golkar memang, keduanya maju caleg kemarin. Jadi bukan di-Golkar-kan, sudah Golkar memang,” ujarnya.

Diketahui, tim pemenangan Chaidir-Syamn juga memastikan segera menetapkan calon pengganti Suhartina. Tim Chadir-Suhartina memastikan akan menyampaikan pengganti Suhartina dalam waktu 3 hari ke depan.

“Segera sesuai dengan batas waktu yang telah ditetapkan dalam regulasi, calon pengganti tersebut akan kami sampaikan lebih lanjut kepada KPU untuk menjalani proses tahapan selanjutnya,” ujar Master Campaign Chaidir-Suhartina, Marjan Massere dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (7/9/2024).

Sebelumnya diberitakan, verifikasi administrasi Bacawabup petahana Suhartina Bohari dinyatakan TMS untuk maju Pilkada Maros. KPU meminta pasangan Bupati petahana Chaidir Syam itu diganti.

KPU Maros telah menyerahkan hasil pemeriksaan dokumen administrasi kepada tim Chaidir-Suhartina di Kantor KPU Maros, Sabtu (7/9/2024) pukul 10.00 Wita. Suhartina dinyatakan TMS untuk hasil tes kesehatan.

“Kami telah memberikan hasil pemeriksaan dokumen dan kesehatan kepada tim pasangan calon, dan status untuk bakal pasangan calon bupati memenuhi syarat dan bakal pasangan calon wakil bupati tidak memenuhi syarat,” ujar Ketua KPU Maros Jumaedi, Sabtu (7/9/2024). {}