Gubernur Sahbirin Noor Raih Penghargaan Bergengsi Wahana Tata Nugraha Wiratama 2024 dari Kemenhub RI

Berita Golkar – Pemprov Kalimantan Selatan (Kalsel) kembali menorehkan catatan penting di kancah nasional. Gubernur Kalimantan Selatan, H. Sahbirin Noor atau yang akrab disapa Paman Birin berhasil membawa provinsi ini meraih penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) Wiratama 2024.

Penghargaan yang diserahkan langsung oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Jakarta, Sabtu (7/9/2024). Ini menjadi bukti keseriusan Kalimantan Selatan dalam menata transportasi publik yang lebih tertib dan ramah lingkungan.

Gubernur Sahbirin, yang diwakili oleh Kepala Dinas Perhubungan Kalsel, M. Fitri Hernadi, menerima penghargaan tersebut dalam acara Gelaran Hub Space 2024 yang digelar di JIExpo Kemayoran.

Momentum ini menjadi rangkaian dari perayaan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) yang menyoroti pentingnya tata kelola transportasi sebagai pilar pembangunan daerah.

Menurut Paman Birin menekankan bahwa penghargaan ini adalah hasil kerja kolektif dari berbagai pihak.

“Ini adalah bukti nyata dari upaya keras kita semua dalam menyediakan layanan transportasi yang aman, nyaman, dan terintegrasi bagi masyarakat Kalsel,” ujarnya melalui pernyataan resmi yang disampaikan Kadishub Fitri Hernadi dikutip dari Warta Niaga.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi tak lupa memberikan apresiasi atas capaian Kalsel dan provinsi lainnya seperti Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Bali.

Dikatakannya, penghargaan ini bukan sekadar simbol, melainkan pengakuan atas inovasi dan perencanaan matang dalam tata kelola transportasi.

“Ini adalah cerminan komitmen untuk menciptakan mobilitas yang lebih baik, meningkatkan keselamatan, serta mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan,” ucap Budi Karya.

Lebih jauh, Menhub mengingatkan pentingnya pengalokasian anggaran yang tepat dari pemerintah daerah.

“Setidaknya 10 persen dari penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor harus dialokasikan untuk pembangunan jalan dan peningkatan moda transportasi umum,” tegasnya.

Ini, sambungnya merupakan bentuk komitmen pemerintah dalam memastikan bahwa sistem transportasi publik tidak hanya layak tetapi juga inklusif dan berkelanjutan.

Bagi Kalimantan Selatan, penghargaan WTN Wiratama ini tidak hanya menjadi simbol prestasi, tetapi juga dorongan untuk terus meningkatkan kualitas layanan transportasi. Masyarakat Banua diharapkan dapat merasakan manfaat dari pembangunan yang lebih ramah lingkungan, aman, dan inklusif, sejalan dengan visi pembangunan berkelanjutan di provinsi ini. {}