Menpora Dito Ariotedjo Ingin Cabor ESports Jadi Percontohan di PON XXI Aceh-Sumut

Berita Golkar – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo menyatakan bahwa esport dapat menjadi program percontohan bagi cabang olahraga lain karena memberikan dampak positif, termasuk di sektor ekonomi.

Pernyataan ini disampaikan usai membuka pertandingan esport Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 di Medan International Convention Center (MICC), Kota Medan, Jumat.

Menurut Dito, esport tidak hanya menciptakan prestasi dan sportivitas, tetapi juga memiliki pengaruh besar pada ekonomi dan industri. “Esport Indonesia harus dijadikan role project dan percontohan bagi seluruh cabang olahraga lainnya,” ujar Dito dikutip dari RRI, Jumat (13/9/2024).

Ia juga menyoroti bahwa esport yang dipertandingkan di PON kali ini mendorong perkembangan ekosistem industri, terutama gim lokal seperti Lokapala dan Battle of Guardian.

“Ini adalah simbiosis mutualisme antara pembinaan olahraga dan industrinya. Saya sangat mengapresiasi kerja keras dari PBeSI,” kata Dito.

Dito juga menekankan bahwa PON XXI merupakan momentum untuk menemukan talenta muda esport yang bisa bersaing di kancah dunia, terutama dengan adanya Olympic Esport Series yang akan diselenggarakan setiap dua tahun.

Menutup pernyataannya, Dito mengungkapkan bahwa venue esport di PON XXI merupakan yang terbaik dan berjanji akan hadir pada pertandingan final pada 19 September 2024. {}