Bupati Aditya Halindra Bagi-Bagi 20 Ribu Ikan Lele Asap Gratis Untuk Warga Tuban

Berita Golkar – Dalam upaya meningkatkan konsumsi ikan pada masyarakat, Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP2P) Tuban menggelar Festival Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) di Lapangan Bulurejo Bangkit, Kecamatan Rengel.

Melalui kegiatan yang digelar hari ini, Selasa (17/9/2024), Pemkab Tuban juga berharap untuk mencetak rekor baru dalam Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) dengan pembagian lele asap terbanyak, yang menjadi kegiatan utama dari Festival Gemarikan ini, seperti seperti dikutip dari Jatim Now pada Selasa (17/9/2024).

Kegiatan pemanggangan sudah dimulai pada Senin (16//09). Sebanyak 34 pemanggang dari beberapa desa di Tuban ikut ambil bagian dalam acara ini. Setelah dihitung ikan akan disimpan dalam mobil pendingin dan dibagikan saat acara Gemarikan.

Dari data yang berhasil dihimpun dari DKP2P Tuban, berikut rincian dari jumlah lele yang akan dipanggang oleh setiap tim:

Tim 1 (Desa Bulurejo, Dusun Bulu): 12 pemanggang, masing-masing mengasapi 800 ekor lele, total 9.600 ekor.

Tim 2 (Desa Bulurejo, Dusun Mejeruk): 3 pemanggang, masing-masing mengasapi 500 ekor lele, total 1.500 ekor.

Tim 3 (Desa Sawahan, Dusun Logawe): 5 pemanggang, masing-masing mengasapi 500 ekor lele, total 2.500 ekor.

Tim 4 (Desa Sumurcinde, Dusun Warang): 5 pemanggang, masing-masing mengasapi 400 ekor lele, total 2.000 ekor.

Tim 5 (Desa Simo, Kecamatan Soko): 8 pemanggang, masing-masing mengasapi 500 ekor lele, total 4.000 ekor.

Tim 6 (Desa Nguruan, Kecamatan Soko): 1 pemanggang mengasapi 400 ekor lele.

Total lele yang akan dipanggang dalam acara ini mencapai 20.000 ekor, yang akan dibagikan dan diharapkan dapat memecahkan rekor MURI.

Selain pemecahan rekor MURI, acara Festival Gemarikan ini juga dimeriahkan dengan berbagai kegiatan menarik seperti lomba mewarnai, gerakan pangan murah, bazar UMKM, serta acara hiburan yang akan menghibur masyarakat.

Harapannya seluruh warga Bulurejo dan sekitarnya bisa berpartisipasi serta meramaikan festival yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya konsumsi ikan sebagai sumber protein yang sehat dan bergizi.

Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky, SE dijadwalkan akan membuka kegiatan ini. “Tidak hanya menciptakan rekor baru, kegiatan ini diharapkan juga menginspirasi masyarakat untuk lebih sering mengonsumsi ikan, khususnya lele, yang kaya akan manfaat bagi kesehatan,” ucap Aditya Halindra Faridzky atau Mas Lindra. {}