Wamendag Jerry Sambuaga Pimpin Delegasi RI di Forum Pertemuan Para Menteri Ekonomi ASEAN

Berita Golkar – Wakil Menteri Perdagangan RI, Jerry Sambuaga mewakili Menteri Perdagangan RI selaku AFTA Council Indonesia memimpin Delegasi Indonesia pada pertemuan internal para Menteri Ekonomi ASEAN (ASEAN Economic Minister/AEM) yang berlangsung di Vientiane, Laos (17 September 2024).

Pertemuan ini dipimpin oleh Menteri Industri dan Perdagangan Laos, Malaithong Kommasith selaku AEM Chair. Turut hadir para Menteri Ekonomi ASEAN, Sekjen ASEAN, dan Menteri Perdagangan dan Industri Timor-Leste, Filipus Nino Pereira sebagai negara pengamat di ASEAN.

Pertemuan ini membahas beberapa agenda, antara lain Capaian Prioritas Ekonomi di bawah keketuaan Laos untuk ASEAN tahun 2024, Digital Economy Framework Agreement (DEFA), laporan SEOM Chair ke AEM, inisiatif keberlanjutan di bawah Masyarakat Ekonomi ASEAN,

Dikutip dari Sindikat Post, mekanisme Kerja Sama ASEAN dengan ASEAN-ABAC; pembaruan Kerja Sama Ekonomi ASEAN-Gulf Cooperation Council (GCC) dan persiapan pertemuan ASEAN dengan mitra dialog pada 19–22 September 2024.

Pertemuan juga menyaksikan Menteri Industri dan Perdagangan Laos, Malaithong Kommasith selaku AEM Chair 2024 menyerahkan Keketuaan ASEAN kepada Alternate Menteri Investasi, Perdagangan dan Industri Malaysia, Mastura Ahmad Mustafa yang akan menjadi Ketua Menteri Ekonomi ASEAN tahun 2025.

Pada kesempatan ini, Wamendag didampingi oleh Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional, Djatmiko Bris Witjaksono; Direktur Kerja Sama Ekonomi ASEAN Kemenlu, Adhyanti Sardanarini Wirajuda; Atase Perdagangan RI Hanoi, Addy Perdana Soemantry; dan Atase Perdagangan RI Bangkok, Rafika Arfani. {}