Firman Soebagyo Apresiasi Gairah Anak Muda Kabupaten Blora Yang Masih Antusias Jadi Petani

Berita Golkar – Anggota Komisi IV DPR Firman Soebagyo mengapresiasi bahwa di Kabupaten Blora khususnya, masih banyak anak muda yang antusias jadi petani.

“Saya bersyukur di Kabupaten Blora, ini semangat anak-anak muda ini masih cukup tinggi, ini berkat Bupati dan Pak Aliman terus senantiasa memberikan bimbingan kepada petani seperti kita ini,” kata Firman dalam sambutannya secara dari di teknis (bimtek) berjudul ‘Peningkatan Produktivitas Tanaman Pangan Melalui Teknik Budaya Serta Perbaikan Kualitas Tanah’ yang bekerja sama kementerian pertanian RI dengan Komisi IV DPR RI dan digelar di Hotel Almadina, Sabtu (21/9/2024).

Politikus senior Partai Golkar pun ini sempat membeberkan beberapa kendala di masalah pertanian. “Karena warga kita ini masih banyak menggunakan cara yang praktis, khususnya pada sektor pertanian masih mengandalkan alat-alat tradisional,” ucapnya dikutip dari Pontas.

Legislator dari dapil Jateng III tersebut juga menyebut bahwa tahun 2024 ini semua pihak dihadapkan dari berbagai masalah.

“Pertama adalah lahan pertanian beralih fungsi, sehingga menjadi penyebab banyaknya anak muda yang meninggalkan pekerjaan bertani. Yang kedua juga minimnya petani kita, untuk mengajarkan kepada anak-anaknya bagaimana cara bertani, sehingga anak muda zaman sekarang ini enggan berminat menjadi petani,” beber anggota Baleg DPR ini.

Terakhir sebagai penutup, Firman berpesan bahwasanya menggunakan pupuk-pupuk kimia bisa menyebabkan dampak negatif.

“Mari kita beralih memperbaiki perlahan- lahan memulihkan kesuburan tanah kita dengan beralih menggunakan pupuk-pupuk organik,” jelas Ketua Dewan Pembina SOKSI ini.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pangan Pertanian Peternakan dan Perikanan (Kadinas DP4) Kabupaten Blora, Ngaliman memuji Anggota DPR RI Firman Soebagyo karena Setia Mendukung Petani.

“Terima kasih Pak Firman. Hampir 4 periode (20 tahun) lebih konsisten membela para petani. Pak Firman juga sangat terasa perannya kepada para petani di Kabupaten Blora,” jelasnya

Alim sapaan akrabnya, juga mengapresiasi Anggota DPR RI tersebut karena jasanya memberikan bantuan pertanian.

“Terima kasih atas bantuan seperti alat mesin pertanian modern Seperti pompa air, hand Sprayer, traktor tangan, traktor roda 4, Combine harvester. Selain itu Pak Firman juga mengusahakan seperti sumur, Jaringan irigasi, embung dan bangunan air lainnya. Selain fasilitas infrastruktur pertanian, dan alsıntan, beliau juga mengusahakan peningkatan petani melalui berbagai macam pelatihan seperti pelatihan hari ini,” ungkapnya.

Tampak hadir pula dalam acara tersebut, yakni praktisi Pertanian Organik Jawa Tengan, Andi Legowo dan Lagiono ketua petani. {}