Bupati Ratu Tatu Chasanah Salurkan Becak Motor Untuk Angkut Sampah 13 Desa di Kabupaten Serang

Berita Golkar – Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah menyalurkan 22 Cator atau Becak Motor pengangkut sampah untuk 13 Desa. Bantuan Cator tersebut, merupakan Corporate Sosial Responsibility (CSR) dari Bank BJB dengan total anggaran sekitar Rp1,1 Miliar.

Bupati Tatu mengatakan, CSR dari Bank BJB untuk membantu kegiatan masyarakat, bukan yang pertama kalinya. Namun sudah berulangkali diberikan, hanya saja untuk CSR Cator dari Bank BJB kali ini diberikan atas referensi dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Serang.

“Jadi desa desa yang sudah aktif punya bank sampah, sudah aktif pemberdayaan masyarakatnya untuk pengelolaan sampah kita prioritaskan, misalkan ada satu desa 4 Cator, karena memang di tiap RW-nya sudah ada pengelolaan bank sampah,” kata Tatu dikutip dari Satelit News, Senin (23/9/2024).

Diakui Tatu, di Kabupaten Serang ini yang memang paling memungkinkan upaya penanganan sampah itu adalah di Desa. Sehingga bisa menghemat anggaran Tiping Fee jika harus dibuat ke tempat lain dan menghemat biaya transportasi ngangkut sampah dari seluruh penjuru ke satu titik.

“Alhamdulillah ini beberapa desa pak kades dengan masyarakatnya punya semangat mengelola sampah. Nanti selain cator saya juga menanyakan kepada mereka apalagi yang dibutuhkan,” tuturnya.

Sementara, Kepala Cabang Bank BJB Serang, Ujang Aep Saefullah mengatakan, selama ini CSR rutin diberikan terhadap Pemerintah Kabupaten Serang, karena sebagai salah satu pemegang saham di BJB, disamping dividen.

Adapun untuk CSR kali ini adalah pembelian cator sebanyak 22 unit untuk 13 unit dengan total anggaran Rp1.122.000.000.”Memang pernah juga disampaikan cator ini tahun 2020, cuma waktu itu ada covid sehingga baru sekarang sesuai dengan ajuan ibu Bupati,” ujarnya.

Ujang pun berharap kedepan Pemerintah Kabupaten Serang terus berkolaborasi dengan Bank BJB terkait dengan CSR, kemudian dividen juga terus meningkat. Sehingga dinikmati oleh masyarakat. “Tentunya harapan kita semua cator ini dipelihara dengan baik, biar nanti berkesinambungan penggunaannya,” pungkasnya. {}