Airlangga Hartarto Ungkap Kemajuan Signifikan Ekonomi RI 10 Tahun Pemerintahan Jokowi

Berita Golkar – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkap perekonomian Indonesia telah mengalami kemajuan signifikan selama 10 tahun kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Salah satu faktor utama yang mendorong kemajuan tersebut adalah pengembangan special economic zone (SEZ) atau kawasan ekonomi khusus (KEK) di berbagai daerah.

Airlangga menjelaskan hingga saat ini, Indonesia telah memiliki 29 KEK yang tersebar di seluruh wilayah dengan berbagai sektor industri. Pengembangan KEK ini bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan industri nasional serta membuka lapangan pekerjaan baru.

“Di era Pak Jokowi, pengembangan kawasan ekonomi khusus baru dimulai. Saat ini, 22 KEK sudah beroperasi, dan baru saja ada penambahan 7 KEK lagi,” ujar Airlangga seusai menghadiri Industrial Engineering Award di Soehanna Hall SCBD, Jakarta, pada Jumat (27/9/2024).

Ia juga mencontohkan negara-negara lain di Asia, seperti China dan Vietnam, telah berhasil menggunakan KEK sebagai alat untuk mendorong pertumbuhan ekonomi.

“Kawasan ekonomi khusus menjadi andalan di banyak negara Asia. China, misalnya, mengembangkan kawasan Shenzhen dan kawasan lainnya. Begitu pula dengan Vietnam,” ungkapnya dikutip dari Berita Satu.

Airlangga menegaskan langkah ini dilakukan pemerintah untuk mempercepat Indonesia menjadi negara maju. Ia juga mengajak para insinyur untuk berkontribusi aktif dalam mendukung perkembangan industri nasional.

“Pemerintah terus mendorong pengembangan kawasan ekonomi khusus. Organisasi profesi insinyur diharapkan dapat menjaga inovasi, kreativitas, dan kompetensi karena banyak infrastruktur yang dibangun saat ini bergantung pada kemampuan para insinyur,” tegasnya. {}