Firman Soebagyo Tebar Sembako Aspirasi KKP RI Untuk Nelayan Tradisional di Juwana

Berita GolkarDPR RI bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI menyerahkan bantuan paket sembako untuk seribuan nelayan di Kabupaten Pati. Para penerima bantuan ini, nelayan tradisional  di Desa Bakaran Wetan dan Bakaran Kulon, Kecamatan Juwana, Jumat (27/9/2024).

Usai menyerahkan bantuan itu, anggota DPR RI Firman Soebagyo mengatakan, paket sembako aspirasinya dari KKP RI, untuk memotivasi nelayan tradisional. Bantuan ini sekaligus untuk mengurangi beban nelayan, yang kini mulai memasuki masa sulit mencari ikan (paceklik).

“Harapan kami program-program seperti ini kalau nanti masih ada anggaran akan berkelanjutan. Namun bila suatu saat dihentikan, anggarannya bisa untuk kepentingan yang lain dalam jangka panjang, seperti asuransi dan semacamnya,” tutur Firman Soebagyo dikutip dari RRI.

Pejabat Fungsional di KKP RI Suhardi, pemberian bantuan paket sembako ini  bagian dari amanat UU. Yakni UU RI Nomor 7 tahun 2016 tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Nelayan, dan dikolaborasikan dengan program-program Komisi IV DPR RI.

“Jadi kita mengimplementasi apa yang dimandatkan dan diamanatkan UU. Untuk itu kami bersama Komisi IV DPR RI sebagai mitra kerja, melaksanakan kegiatan ini,” katanya.

Selain pemberian paket sembako, KKP bersama DPR RI juga telah menyokong pelatihan-pelatihan keterampilan kepada nelayan, dalam upaya meningkatkan produksinya. Bantuan lain berupa peralatan mesin, alat tangkap maupun jaring untuk menangkap ikan. {}