Sosok Kahar Muzakir, Politikus Partai Golkar Asal Muba Yang Jadi Wakil Ketua MPR RI

Berita Golkar – Warga Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) patut berbangga. Ya, pasalnya salah satu warga Bumi Serasan Sekate -julukan Kabupaten Muba- kini dipercaya menjadi Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI periode 2024-2029.

Dia tak lain adalah Kahar Muzakir politikus Partai Golongan Karya (Golkar). Kahar Muzakir pria kelahiran, Desa Pengaturan, Kecamatan Batanghari Leko (BHL), Musi Banyuasin, 10 Desember 1946 itu ditetapkan sebagai Wakil Ketua MPR RI mendampingi Ahmad Muzani dari Faksi Partai Gerindra sebagai Ketua MPR RI 2024-2029.

Penetapan Kahar Muzakir yang merupakan perwakilan dari Fraksi Partai Golkar Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI tersebut sebagai Wakil Ketua MPR RI dilakukan dalam sidang paripurna di Gedung DPR/MPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (3/10/2024).

Selain Kahar, Ketua MPR RI, Muzani akan didampingi oleh tujuh wakil lainya yang terdiri dari seluruh fraksi DPR RI dan perwakilan dari unsur DPD RI. Di antaranya Wakil Ketua MPR, yakni Bambang Wuryanto (Pacul) dari PDI Perjuangan (PDIP), Rusdi Kirana dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Edy Soeparno dari Partai Amanat Nasional (PAN), Hidayat Nur Wahid dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS),

Lestari Moerdijat Partai NasDem, dan Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) dari Partai Demokrat. Sidang dengan melakukan sumpah jabatan seluruh pimpinan MPR RI 2024-2029 yang dipandu oleh Ketua Mahkamah Agung (MA).

Seperti diberitakan sebelumnya, Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ace Hasan Syadzily mengatakan partainya mempertimbangkan Kahar Muzakir sebagai Wakil Ketua MPR 2024-2029.

Ace menjelaskan salah satu kriteria pimpinan MPR dari partainya haruslah kader dengan pengalaman yang mumpuni. Selain itu, ia menyebut pimpinan MPR dari Golkar juga pernah menjadi pimpinan fraksi dan senior.

“Yang jelas bahwa pimpinan MPR dari Fraksi Golkar adalah orang berpengalaman, orang yang memiliki pengalaman sebagai Alat Kelengkapan Dewan (AKD), dan juga pernah menjadi pimpinan fraksi. Dan mungkin saya kira figur yang senior,” kata dia dikutip dari Viral Sumsel. 

Pimpinan MPR RI 2024-2029
Ketua  : Ahmad Muzani (Gerindra)
Wakil Ketua :
– Bambang Wuryanto (PDIP)
– Kahar Muzakir (Partai Golkar)
– Lestari Moerdijat (NasDem)
– Rusdi Kirana (PKB)
– Hidayat Nur Wahid (PKS)
– Eddy Soeparno (PAN)
– Edhie Baskoro Yudhoyono (Demokrat)
– Abcandra Akbar Supratman (Kelompok DPD) {}