Ridwan Kamil Perbanyak Pramusapa Guna Permudah Disabilitas Gunakan Transportasi Umum

Berita GolkarCalon Gubernur (Cagub) Jakarta nomor urut 1, Ridwan Kamil, berjanji memberdayakan lebih banyak pramusapa di seluruh transportasi umum seperti TransJakarta, Kereta Rel Listrik (KRL), hingga Mass Rapid Transit (MRT). Tujuannya untuk menunjang akses disabilitas, naik transportasi umum.

“Curhatan dari disabilitas itu pramusapa namanya. Asisten yang nganterin ke lift, itu hilang. Sehingga korbannya tiga. Ada ibu hamil, lansia, sama disabiltas merasa kerepotan,” kata Ridwan Kamil saat ditemui di Kota Tua, Jakarta, pada Selasa (24/9/2024).

Pramusapa adalah sebutan untuk petugas Transjakarta yang harus menerapkan 6S, yaitu Senyum, Salam Transjakarta, Sapa, Sopan, Santun, dan Sabar.

Hilangnya pramusapa, menurut Ridwan, membuat motivasi penyandang disabilitas menggunakan transportasi umum menurun. Di sisi lain, Ridwan juga mendengar aspirasi pramusapa yang mengeluhkan mengenai jejang karir mereka. “Si pramusapa ini merasa masa seumur hidup gitu-gitu doang, kerja di situ,” jelasnya dikutip dari Tempo.

Bang Emil -sapaan Ridwan, juga nantinya akan mencari pola manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) pramusapa agar memiliki jenjang karir yang diharapkan. “Intinya di situ (di prapusapa) hanya dua tahun lah setelah itu naik kelas,” kata dia.

Ridwan Kamil maju di pilkada Jakarta 2024 berpasangan dengan kader PKS, Suswono. Pasangan ini diusung oleh Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus yang terdiri dari Partai Gerindra; Partai Golkar; PAN; Demokrat; PKS; NasDem; PKB; PSI; Gelora; Garuda; PBB; Perindo, dan PPP.

Pasangan ini akan menghadapi pasangan Pramono Anung-Rano Karno yang diusung PDIP dan Hanura, serta pasangan Dharma Pongrekun-Kun Wardhana yang maju dari jalur perseorangan. {}