DPP  

Melchias Mekeng Pastikan Menteri Kabinet Prabowo Berlatar Parpol Pasti Profesional

Berita Golkar – Partai Golkar yakin meski Presiden terpilih Prabowo Subianto lebih banyak memilih menteri dari kalangan partai politik, tidak mengubah kualitas pemerintahannya. Menteri berlatar parpol, terjamin profesionalitasnya.

“Politisi juga banyak yang profesional. Yang penting dia punya kemampuan, kapasitas, latar belakang kementerian yang akan dipimpinnya,” kata Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar, Melchias Markus Mekeng, di Jakarta,  kemarin, dikutip dari Rakyat Merdeka.

Alumni De La Sale University Manila ini mengamini, kalangan profesional bisa berasal dari unsur masyarakat dan juga poli­tisi. Terpenting, kabinet mesti diisi sosok berpengalaman.

“Terminologi profesional itu kan bisa datang dari berbagai macam unsur masyarakat, bisa dari profesional, bisa dari poli­tisi,” sebut Melchias.

Baginya, jangan sampai, me­milih menteri dengan latar be­lakang keahlian berbeda dengan beban kerja di sebuah kemen­terian.

Sementara Sekretaris Jenderal Partai Golkar, Sarmuji mengungkapkan harapannya agar partainya mendapatkan lebih dari 5 kursi menteri di Kabi­net Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Sejumlah nama kader, sudah diusulkan ke Presiden terpilih.

Tinggal dipilih sebagaimana hak prerogatif Presiden ter­pilih, Prabowo menentukan para pembantu-pembantunya. “Saya berdoa lebih dari lima. Tapi kan kita nggak tahu Pak Prabowo maunya berapa,” ujar Sarmuji, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (2/10/2024).

Politisi asal Surabaya, Jawa Timur ini mendoakan agar kader Golkar bisa berkontribusi besar dengan menjabat sejumlah posisi di Kabinet Prabowo-Gibran. Dia menjamin kader Beringin memi­liki semangat juang tinggi untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Alumni Universitas Jember ini enggan merinci siapa nama-nama yang dimajukan Par­tai Golkar menjadi menteri ke Prabowo. Namun, Sarmuji membocorkan satu nama yakni, Meutya Hafid. “Bu Meutya dimasukkan dalam daftar usulan, tapi posisinya seperti apa, nanti Presiden terpilih yang menentukan,” ucapnya.

Sebelumnya, Ketua Umum Relawan Prabowo Mania, Im­manuel Ebenezer alias Noel meyakini, komposisi kabinet Presiden terpilih Prabowo Subianto bukan hanya zaken kabinet, tapi akan diisi putra-putri terbaik bangsa.

“Kita jangan lupa, banyak juga kader partai yang merupakan profesional sehingga para pro­fesional yang berada di partai, sudah memenuhi syarat menjadi menteri, sepanjang mempun­yai kapabilitas, integritas, dan loyalitas,” kata Noel, Kamis (3/10/2024). {}