DPD 1  

4 Ketua DPD I Partai Golkar Terpopuler Berdasar Kuantitas Pemberitaan Periode September 2024

Berita GolkarNama Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor yang juga Ketua DPD I Partai Golkar Kalimantan Selatan berdasar hasil riset kami Golkarpedia.com menjadi Ketua DPD I Partai Golkar Terpopuler se-Indonesia untuk periode September 2024. Sahbirin Noor berhasil mempertahankan posisinya setelah pada Agustus 2024 juga bertengger sebagai Ketua DPD I Partai Golkar terpopuler se-Indonesia.

Seperti pada periode sebelumnya, kategori terpopuler yang kami gunakan adalah berdasar kuantitas pemberitaan. Dengan tambahan indikator yakni, reach atau jangkauan pemberitaan. Jangkauan pemberitaan ini bukan berarti banyaknya pembaca, tetapi asumsi banyaknya orang yang melihat jika link disebar di berbagai platform media sosial.

Untuk Sahbirin Noor atau yang akrab disapa Paman Birin ini pada periode pemberitaan September 2024, memiliki sebanyak 901 berita yang tersebar pada berbagai media online. Reach yang dicapai dari pemberitaan mengenai pria kelahiran Banjarmasin, 12 November 1967 ini adalah sebesar 881.065 jangkauan.

Berita mengenai Sahbirin Noor banyak dimuat oleh media lokal Kalimantan Selatan. Hal ini menjadi penjelasan mengapa dengan jumlah pemberitaan yang begitu besar, namun reach yang dimiliki Paman Birin terhitung kecil.

Pemberitaan Sahbirin Noor sendiri banyak tersorot atas selama periode kepemimpinannya di Kalsel, target pembangunan RTLH telah lampaui target. Lalu ada pula pemberitaan tentang pernyataan Sahbirin Noor yang mendorong keterlibatan masyarakat sebagai kunci pembangunan dan pemberdayaan di Kalsel.

Pemberitaan mengenai 2 periode kepemimpinan Sahbirin Noor di Kalsel, pembangunan Banua di sektor perkebunan dan peternakan mampu ditingkatkan secara signifikan. Kabar mengenai Sahbirin Noor yang menerima penghargaan Merdeka Awards. Penghargaan diberikan oleh Menteri Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia, Budi Arie Setiadi Atas sumbangsi, ide dan gagasan Paman Birin untuk program kolaborasi berbasis teknologi.

Posisi kedua diisi oleh nama Ketua DPD I Partai Golkar Bengkulu, Rohidin Mersyah. Pada periode September 2024, Rohidin Mersyah memiliki pemberitaan sebanyak 716 berita. Jumlah reach yang dihasilkan dari pemberitaan sebanyak itu adalah sebesar 669.471 jangkauan.

Rohidin Mersyah yang juga merupakan calon Gubernur Bengkulu dari Partai Golkar ini banyak tersorot atas giat kampanye jelang Pilkada Bengkulu 2024. Kabar mengenai cutinya Rohidin Mersyah untuk mengikuti gelaran Pilgub Bengkulu, menjadi salah satu kabar populer mengenai dirinya.

Selain itu ada pula berbagai pernyataannya seperti, keinginan Rohidin Mersyah mendorong dan memacu pariwisata di Bengkulu sebagai penggerak ekonomi utama masyarakat. Lalu berita lainnya adalah tentang 18 janji politik Rohidin Mersyah yang telah tuntas di penghujung masa jabatannya.

Di urutan ketiga ada nama Ketua DPD I Partai Golkar Banten, Ratu Tatu Chasanah. Perempuan yang menjabat sebagai Bupati Kabupaten Serang ini pada periode September 2024 memiliki pemberitaan sebanyak 499 berita dengan capaian reach sebesar 1,012 juta jangkauan.

Pemberitaan mengenai Ratu Tatu Chasanah antara lain adalah raihan Merdeka Awards yang diterimanya atas keberhasilan mewujudkan kemandirian pangan di Kabupaten Serang. Selanjutnya ada pula pemberitaan tentang peresmian yang dilakukan Ratu Tatu Chasanah atas klinik jantung pertama di Kabupaten Serang, yakni Klinik Utama Jantung Hasna Medika.

Informasi berita tentang masuknya nama Ratu Tatu Chasanah sebagai Timses Maesyal Rasyid dan Intan Nurul Hikmah juga menjadi salah satu pemberitaan paling banyak menarik minat masyarakat. Kemudian keinginan Ratu Tatu Chasanah yang menginginkan agar pengelolaan sampah di daerah yang dipimpinnya dilakukan di tingkat desa.

Ketua DPD I Partai Golkar Jawa Barat, Ace Hasan Syadzily bercokol di urutan keempat sebagai Ketua DPD I Partai Golkar terpopuler September 2024. Untuk periode September 2024 Ace Hasan memiliki pemberitaan sebanyak 451 berita. Jumlah reach yang dicapai dari pemberitaan Wakil Ketua Komisi VIII DPR periode 2019-2024 tersebut adalah sebesar 3,8 juta jangkauan.

Berita mengenai Ace Hasan Syadzily antara lain pernyataannya terkait niatan Anies Baswedan membentuk partai. Dalam konteks ini, Ace Hasan mendukung Anies agar mendirikan sebuah partai politik. Selanjutnya ada pernyataan lain mengenai usulan Ace Hasan untuk melakukan pembatasan gadget terhadap anak sebagai langkah antisipatif cegah kekerasan seksual.

Berikutnya ada pula informasi pemberitaan mengenai tanggapan Ace Hasan terkait dengan wacana Fahri Hamzah masuk Partai Golkar. Ace Hasan tidak menolak, tak pula mengamini. Yang jelas ia menegaskan bahwa partai berlambang beringin ini memiliki aturan. Lainnya adalah kabar peluncuran buku Ace Hasan Syadzily yang menceritakan mengenai kiprahnya selama jadi anggota DPR RI periode 2019-2024.

Ketua DPD I Partai Golkar Terpopuler Berdasar Kuantitas Pemberitaan Periode September 2024

Sahbirin Noor
Ketua DPD I Partai Golkar Kalimantan Selatan
Gubernur Kalimantan Selatan
Total: 901 pemberitaan
Reach: 881.065 jangkauan

Rohidin Mersyah
Ketua DPD I Partai Golkar Bengkulu
Calon Gubernur Bengkulu
Total: 716 pemberitaan
Reach: 669.471 jangkauan

Ratu Tatu Chasanah
Ketua DPD I Partai Golkar Banten
Bupati Serang
Total: 499 pemberitaan
Reach: 1,012 juta jangkauan

Ace Hasan Syadzily
Ketua DPD I Partai Golkar Jawa Barat
Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Periode 2019-2024
Total: 451 pemberitaan
Reach: 3,8 juta jangkauan {redaksi}