Puteri Komarudin Tekankan Pentingnya Rehat Sejenak Dari Dunia Online, Hindarkan Diri Dari ‘Doom Spending’

Berita Golkar – Anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar, Puteri Komarudin mengingatkan, penting bagi masyarakat untuk beristirahat sejenak dari dunia online. Terutama, dengan hal-hal yang berkaitan tentang belanja online.

Jika tidak direm, Wasekjen DPP Partai Golkar ini mengatakan, masyarakat nantinya bisa terkena sindrom ‘doom spending’. Yakni, kebiasaan seseorang membeli barang tanpa berpikir lebih panjang.

“Doom spending berawal dari doom scrolling (kebiasaan menggunakan gadget dan konsumsi konten secara berlebihan). Jadi, penting untuk istirahat sejenak dari dunia online dan arus konten yang tiada henti,” kata Puteri dikutip RRI.co.id dari akun Instagram @puterikomarudin, Selasa (8/10/2024).

Puteri menekankan, tidak semua barang di toko online harus dimiliki masyarakat Indonesia. Oleh sebab itu, masyarakat tidak harus menjadi seperti infuencer atau artis-artis favorit dalam mengoleksi suatu barang.

“Tetapkan prioritas kebutuhan (pokok). Jangan melakukan pembelian secara emosional karena sekedar ingin memiliki barang itu,” ucap Puteri.

Kemudian, Puteri menuturkan, masyarakat harus memiliki kebiasaan-kebiasaaan menabung untuk tujuan jangka panjang. Baik itu, menabung untuk tujuan kecil maupun tujuan besar di masa depan.

“Boneka Labubu lagi ramai dibahas di media dan banyak dicari orang. Padahal, harganya termasuk tidak murah, namun nyatanya sekarang tren nya sedang naik di masyarakat,” ujar Puteri. {}