Daerah  

Sejarah! Pertama Kalinya Sejak Era Reformasi Partai Golkar Pegang Pucuk Pimpinan DPRD Kota Pasuruan

Berita GolkarKursi Ketua DPRD Kota Pasuruan berpindah ke Golkar. Hal ini menjadi sejarah, karena sejak era reformasi, Ketua DPRD Kota Pasuruan dipegang kader PKB.

Pimpinan DPRD Kota Pasuruan masa jabatan 2024-2029, dilantik pada Rabu (9/10/2024) malam. Mereka yakni M Toyib dari Fraksi Partai Golkar, sebagai ketua; dan dua wakil ketua yakni Ismail Marzuki Hasan dari Fraksi PKB dan Gatot Adidoyo dari Fraksi PDI Perjuangan.

“Ini adalah pembuktian bahwa Golkar sampai saat ini menjadi partai yang terus berorientasi pada kepentingan rakyat,” kata Ketua DPD II Partai Golkar Kota Pasuruan yang juga Ketua DPRD Kota Pasuruan M Toyib, Kamis (10/10/2024), dikutip dari Detik.

Pencapaian ini tidak lepas dari perolehan suara Partai Golkar di Pemilu 2024. Selama ini, PKB selalu memenangkan perolehan pemilu. Namun, untuk Pemilu 2024, Partai Golkar unggul satu kursi dibanding PKB. Jumlah kursi Partai Golkar sebanyak 9 kursi dan PKB 8 kursi. “Semoga nantinya juga sukses di pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pasuruan 2024,” ungkapnya.

Setelah pimpinan resmi dilantik, DPRD akan segera bekerja. Dalam waktu dekat, akan melakukan pembentukan Alat Kelengkapan Dewan (AKD), mulai dari pembentukan komisi, Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda), Badan Kehormatan (BK) dan Badan Musyawarah (Banmus). Termasuk, membahas RAPBD Tahun 2025 pada awal November.

“Benar saat ini saya menjadi Wakil Ketua DPRD yang sebelumnya jadi ketua. Tugas-tugas sebagai legislatif tetap kami maksimalkan,” kata Ketua DPC PKB Kota Pasuruan yang juga Wakil Ketua DPRD Kota Pasuruan, Ismail Marzuki. {}