Daerah  

Politisi Senior Partai Golkar, Dadang Kalyubi Resmi Jadi Kursi Ketua DPRD Kota Banjar

Berita Golkar – Untuk periode yang keempat kalinya, politisi senior Partai Golkar Kota Banjar, Dadang R Kalyubi menjabat sebagai Ketua DPRD Kota Banjar. Setelah tiga periode menjabat sebagai Ketua DPRD Kota Banjar, Dadang R Kalyubi kembali dilantik dan disumpah menjadi Ketua DPRD Kota Banjar Periode 2024-2029.

Selain Dadang R Kalyubi, dua wakil ketua DPRD Kota Banjar ikut dilantik dan diambil sumpahnya pada Kamis, 10 Oktober 2024. Kedua wakil ketua tersebut adalah Ny. Ating dari Fraksi PDIP dan Sutarno dari Fraksi Gerindra.

Pengucapan sumpah dengan Al Quran diatas kepala yang dipegang rohaniawan ini saat rapat paripurna di ruang rapat paripurna Singaperbangsa, Kamis (10/10/2024).

Menurut Ketua DPRD Kota Banjar, Dadang R Kalyubi, setelah tiga unsur Pimpinan DPRD Kota Banjar ditetapkan, program selanjutnya pembentukan Alat Kelengkapan DPRD Kota Banjar.

“Diprogramkan AKD DPRD Kota Banjar dibentuk. Seperti, komisi-komisi, badan musyawarah, badan anggaran, badan pembentukan peraturan daerah,” ucap Ketua DPRD Kota Banjar dikutip dari Kabar Tasikmalaya.

Menyikapi pelantikan dan pengucapan sumpah janji unsur pimpinan DPRD Kota Banjar, Pj Wali Kota Banjar, Hj Ida Wahida Hidayati berharap DPRD Kota Banjar mampu bekerja lebih baik.

“DPRD Kota Banjar dan Pemkot Banjar diharuskan bersinergi untuk kemajuan Banjar kedepan. Selama ini, hubungan eksekutif dan legislatif di Kota Banjar memiliki hubungan yang harmonis ,” ucap Hj Ida Wahida.

Seperti diketahui, dalam Pemilu 2024 lalu, Partai Golkar menjadi pemenang di Kota Banjar dengan meraih tujuh kursi, disusul oleh PDIP dengan enam kursi, dan Partai Gerindra sebanyak empat kursi.

Atas perolehan tersebut, maka Partai Golkar Kota Banjar kembali berhak menduduki kursi ketua DPRD, sementara dua partai lainnya, yaitu PDIP dan Partai Gerindra menduduki kursi Wakil Ketua DPRD Kota Banjar.

Selain itu, keputusan Partai Golkar menunjuk H. Dadang R Kalyubi untuk menduduki jabatan Ketua DPRD Kota Banjar. Ini berarti, Dadang R Kalyubi memperpanjang jabatannya sebagai Ketua DPRD Kota Banjar setelah pada periode sebelumnya juga menjabat posisi yang sama.

Bahkan Jabatan sebagai Ketua DPRD Kota Banjar kali ini merupakan kali ke empat yang dijabatnya. Dadang Kalyubi telah menjabat sebagai Ketua DPRD Kota Banjar sejak periode 2009-2014, ketika Wali Kota Banjar masih dijabat oleh dr. Herman Sutrisno.

Kemudian di pemilu 2014-2019, Partai Golkar kembali menang di Pilkada Kota Banjar dan Dadang R. Kalyubi kembali dipercaya sebagai Ketua DPRD Kota Banjar hingga sekarang, yaitu periode 2024-2029. {}