Detik Awards 2024: Agus Gumiwang Kartasasmita Raih Penghargaan Tokoh Inovasi dan Transformasi Industri

Berita GolkarPerkembangan teknologi yang begitu pesat membawa dampak besar bagi sektor industri. Terlebih, implementasi industri 4.0 menciptakan sistem produksi yang lebih efisien, fleksibel dan terhubung karena menggabungkan teknologi digital dan fisik.

Ekosistem digital sektor Industri di Indonesia terbangun tak lepas dari sosok Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita. Terobosan Agus Gumiwang terbukti produktif memberi dampak positif terhadap capaian industri di pasar domestik maupun global.

Selama menjabat, Agus Gumiwang Kartasasmita (AGK) aktif melakukan penerapan Making Indonesia 4.0, yang merupakan peta jalan menuju transformasi industri di Indonesia. Alasan inilah yang membuat detikcom memberi anugerah Tokoh Inovasi dan Transformasi Industri kepada Agus Gumiwang Kartasasmita.

“Kemenperin telah melaunching program Making Indonesia 4.0 sejak 2018, berhasil melakukan transformasi, pelaku industri di RI jadi digital. Dengan transformasi ke digital, proses produksi jadi lebih efektif dan efisien sehingga membawa produk produk berdaya saing lebih tinggi,” kata Ketua Dewan Pembina Partai Golkar ini saat menerima penghargaan di The Westin, Jakarta, Kamis (17/10/2024).

Dipimpin oleh Agus Gumiwang, Kemenperin mendorong penerapan teknologi 4.0 di berbagai bidang industri, bahkan industri batik. Tujuannya agar industri batik nasional bisa bertahan bahkan lebih maju di era digital saat ini.

Agus Gumiwang bahkan tak segan memamerkan teknologi industri 4.0 Indonesia di ajang Internasional Manufacturing World Osaka (MWO) 2024. Dengan membawa semangat revolusi industri 4.0, keikutsertaan Indonesia diharapkan mampu mendorong kolaborasi dan memperluas akses pasar global, terutama di Asia.

Making Indonesia 4.0 sendiri digunakan sebagai acuan bagi pelaku industri dan pembuat kebijakan untuk menerapkan konsep revolusi industri 4.0, dengan target besarnya adalah Indonesia masuk dalam jajaran 10 negara besar yang memiliki perekonomian terkuat di dunia pada tahun 2030. {redaksi}

Leave a Reply