Ridwan Kamil Siapkan Program Magang Untuk Gen Z di Jakarta

Berita GolkarCalon gubernur (Cagub) Jakarta nomor urut 1 Ridwan Kamil (RK) akan mengagas program magang bagi generasi Z. Hal itu membekali generasi muda di Jakarta tentang pengalaman bekerja profesional.

Hal itu disampaikan RK setelah menghadiri acara Maulid Nabi di kediaman Wamenaker Afriansyah Noor di kawasan Srengseng Sawah, Jakarta Selatan, Jumat (18/10/2024). RK bahkan menyebutkan telah berbicara perihal itu di organisasi kamar dagang internasional.

“Tadi pagi saya menyampaikan di forum Chamber of Commerce dari Amerika, Australia, Jepang (kalau), saya mau bikin gagasan bisa nggak perusahaan-perusahaan di Jakarta yang juga telah berafiliasi dengan global melakukan program permagangan,” ujar RK, dikutip dari Detik.

“Sehingga minimal sebelum kerja yang full, anak-anak Jakarta, gen Z ini pernah ada pengalaman berinteraksi dalam dunia bisnis internasional itu harapan saya dan mereka kelihatannya setuju,” tambahnya.

Selain itu, dia janji akan melakukan hal itu pada badan usaha milik daerah (BUMD) dan instansi pemerintah daerah. Politikus partai Golkar itu mengaku telah melakukan hal yang sama saat menjabat Gubernur Jawa Barat.

“Sehingga inilah timbal balik Jakarta-nya kita beresin ekonominya, pelaku ekonominya juga memedulikan kepada ketenagakerjaan. Salah satunya program magang kan nanti saya lakukan juga di BUMD, di dinas-dinas, di kantor Gubernur juga permagangan seperti yang saya lakukan dulu di Jawa Barat,” sambung dia.

Pada kesempatan itu, Afriansyah Noor juga menitipkan kepada RK agar memfasilitasi perkembangan keterampilan masyarakat di Jakarta. Tujuannya agar terus meningkatkan roda perekonomian di Jakarta.

“Vokasinya masyarakat Jakarta ini diberikan keahlian diberikan ketrampilan, sehingga mereka bisa untuk menghidupi dirinya, bekerja dan/atau wirausaha itu yang kita ingin lakukan di ibu kota yang sekarang sudah jadi Daerah Khusus Jakarta,” imbuh Afriansyah. {}