Menteri UMKM, Maman Abdurrahman Bakal Siapkan Tim Khusus Agar Pelaku UMKM Tembus Rantai Pasok

Berita Golkar – Menteri Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Maman Abdurrahman mengungkap sedang menyiapkan tim khusus agar pelaku UMKM bisa menembus supply chain atau rantai pasok.

Maman mengatakan bahwa produk UMKM lokal sebenarnya sudah cukup baik. Contohnya seperti kemasan produk yang dimiliki.

Namun, menurut dia tantangannya bukan hanya soal kemasan, melainkan bagaimana produk mereka bisa terserap hingga menembus pasar yang lebih luas dan bersaing dengan produk impor.

“Di sini menjadi tugas pemerintah untuk menyediakan supply chain-nya, hingga meningkatkan penjualan UMKM,” kata Maman dikutip dari keterangan tertulis, Rabu (23/10/2024), dikutip dari Tribunnews.

Dalam menjawab tantangan tersebut, Maman mengungkapkan sedang menyiapkan tim khusus di bidang ekonomi supply chain. “Mohon waktunya, semoga kami bisa menyiapkan segala aturan dan teknis mengenai dukungan supply chain ini,” ujar Maman.

Di era kepemimpinannya, mantan anggota Komisi VII DPR RI itu bakal gencar mengajak perusahaan-perusahaan besar berkontribusi memajukan sektor UMKM.

Menurut dia, UMKM bisa dibantu oleh perusahaan-perusahaan besar melalui peningkatan teknologi hingga pengetahuan. Hal itu agar produk UMKM tak kalah dengan produk luar negeri.

“Perusahaan swasta maupun BUMN akan hadir untuk meningkatkan usaha UMKM yang belum sukses menjadi sukses, yang sudah sukses menjadi semakin sukses,” ucap Maman. {}