Bersama Sahbirin Noor, Menpora Dito Ariotedjo Buka Pomnas XVIII 2023

Berita Golkar – Opening Ceremony Pekan Olahraga Mahasiswa (POMNas) XVIII 2023 Kalimantan Selatan (Kalsel), digelar di kawasan Perkantoran Gubernur Kalsel, Banjarbaru, Rabu (15/11/2023) malam.

Pembukaan ajang olahraga terbesar antar mahasiswa se Indonesia ini dihadiri dan dibuka langsung oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo bersama Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor.

Bak seperti Arjuna, Menpora Dito Ariotedjo dan Gubernur Kalsel yang akrab disapa Paman Birin  memegang busur tanpa anak panah ke arah panggung utama sebagai penanda resminya dibuka POMNas XVIII 2023 di Kalimantan Selatan.

Sebelum memasuki rangkaian acara utama Opening Ceremony POMNas XVIII, acara dimulai dengan penampilan tarian dari mahasiswa dan defile kontingen yang berasal dari 34 provinsi.

Secara bergantian, perwakilan masing-masing kontingen melintas di atas panggung utama diiringi dengan lagu masing-masing daerah.

Selain Kemenpora Dito Ariotedjo dan Gubernur Kalsel Paman Birin, acara bersejarah ini juga dihadiri beberapa pejabat, diantaranya Ketua DPRD Kalsel Supian HK, Kadispora Kalsel Hermansyah, Rektor ULM Prof. Dr. Ahmad Alim Bachri, SE., M.Si., dan masih banyak lainnya.

Dalam sambutannya, Dito Ariotedjo sangat mengapresiasi terselenggarannya POMNas XVIII i Tahun 2023 ini di Kalsel. “Semua ini tentunya berkat dukungan penuh Guberbur Kalsel H Sahbirin Noor dan seluruh masyarkat Banua,” kata Menpora yang memiliki nama lengkap Ario Bimo Nandito Ariotedjo itu.

Ia juga menilai pelaksanaan POMNas di Kalimantan Selatan ini bisa mengembangkan pembianaan olahraga di Indonesia, khususnya tingkat mahasiswa. “Dengan adanya tambahan dua cabor, yakni gulat dan pencak silat berarti turut dalam mengembangkan pembinaan olahraga dan menyebar luaskan potensi para mahasiswa,” ungkapnya.

Atlet mahasiswa, menurutnya, juga turut membantu dan memiliki peran dalam menjalankan program pemerintah melalui Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). “Program pembinaan ini memiliki jangka pendek, jangka menengah, dan panjang. Dimana atlet mahasiswa juga terlibat di dalamnya,” tukasnya.

Sementara itu, Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor merasa bangga dipercaya sebagai tuan rumah POMNas XVIII 2023 di Kalsel. “Sebuah kebanggaan yang sangat luar biasa, Kalsel diberi kesempatan menjadi penyelenggara even antar mahasiswa ini,” kata ucap Paman Birin sapaan akrabnya.

Ia pun berharap, seluruh kontingen yang hadir di Kalsel merasa nyaman dan betah ketika berada di Kalsel. “Kami berusaha sebaik mungkin memberikan pelayanan yang terbaik. Apalagi kedepan, Kalsel merupakan gerbang ibukota negara,” tandasnya.

Sedangkan Rektor ULM Prof. Dr. Ahmad Alim Bachri, SE., M.Si., menyebutkan, untuk jumlah atlet yang mengikuti POMNas XVIII di Kalsel ada sebanyak 2.717 atlet dari 34 provinsi. “Untuk manager tim official sebanyak 1.179, serta support kontingen ada 1.263 pengikut. Pelaksanaan POMnas ini ada 1500 panitia dan 360 LO yang mendampingi seluruh kontingen selama pelaksanaan,” pungkasnya. {sumber}