4 Nama Bakal Cagub Sulsel Dari Partai Golkar, Dari Taufan Pawe Hingga Indah Putri Indriani

Berita Golkar – Partai Golkar menyiapkan kadernya untuk menjadi kepala dan wakil kepala daerah di Sulawesi Selatan (Sulsel). Empat orang di antaranya diusung maju sebagai bakal calon gubernur (bakal) pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2024 mendatang.

Nama bakal cagub Sulsel itu tertuang dalam lampiran surat DPP Golkar bernomor: Sund-308/GOLKAR/XI/2023 yang diterbitkan 16 November 2023. Surat tersebut diteken Wakil Ketua Umum Ahmad Doli Kurnia Tandjung dan Sekretaris Jenderal Lodewijk F Paulus.

“Iya betul sebagai perekrutan awal, masih akan dievaluasi,” kata Ketua Bappilu Golkar Sulsel La Kama Wiyaka kepada detikSulsel, Sabtu (18/11/2023) malam tadi.

Keempat nama yang diusung maju sebagai bakal calon gubernur Sulsel, yakni Ketua Golkar Sulsel Taufan Pawe (TP), Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan, Bupati Luwu Utara Indah Indriani Putri dan mantan Wali Kota Makassar Ilham Arief Sirajuddin (IAS).

Dalam surat tersebut, adapula 31 nama yang diusung sebagai bakal calon bupati dan wali kota di Sulsel. La Kama menegaskan nama-nama bakal calon kepala daerah itu masih akan dievaluasi tergantung hasil Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024. “Dievaluasi lagi setelah pileg, dan akan dibuka pendaftaran sesuai mekanisme biasanya di Golkar,” ujarnya.

La Kama mengungkapkan DPP Golkar tetap akan memonitor tingkat elektabilitas calon kepala daerah yang diusung. Partai juga melihat peran mereka di Pileg dan Pilpres tahun mendatang. “Iya betul (akan dilihat perkembangannya) termasuk perannya dalam pileg dan pilpres,” tegas La Kama.

Menurutnya keempat figur itu disiapkan sebagai rekrutmen awal. La Kama menegaskan akan ada tahapan seleksi selanjutnya dan tetap memungkinkan nama baru muncul dalam tahapan penjaringan calon kepala daerah usungan Golkar.

“Bagus kalau banyak pada tahap rekrutmen awal, nanti diseleksi. Bahkan nanti saat pendaftaran masih memungkinkan ada nama baru muncul,” jelasnya. {sumber}