Survei SMRC: Elektabilitas Munafri Arifuddin di Pilwalkot Makassar Tembus 60,1 Persen

Berita Golkar – Ketua DPD II Golkar Makassar Munafri Arifuddin (Appi) membocorkan hasil survei internal Golkar yang menggandeng Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) untuk Pilwalkot Makassar 2024, Sulawesi Selatan (Sulsel). Hasil survei SMRC menampilkan simulasi Appi melawan 3 calon, 2 calon, dan head to head dengan sejumlah figur di Pilwalkot Makassar.

“Itu survei yang diwajibkan kepada seluruh DPD I dan DPD II Golkar se-Sulawesi Selatan. Jadi perintah dari DPP Golkar itu wajib pakai SMRC di survei yang pertama, lalu akan ada survei lagi untuk yang kedua menggunakan lembaga lain dan akan ada lagi survei ketiga,” kata Appi kepada detikSulsel, Senin (24/6/2024).

Hasil survei selama tiga tahap tersebut akan memberi gambaran posisi Golkar di Pilwalkot Makassar. Termasuk akan dijadikan acuan untuk menentukan program strategis dalam pemenangan. “Sehingga akumulasi survei itu akan memperlihatkan bagaimana gambaran dalam rangka menghadapi Pilwalkot Makassar,” ujar Appi.

Appi menilai hasil itu merupakan hasil dari kegiatannya yang dilakukan selama ini. Dia mengklaim hasil positif itu sudah diraih sebelum bergerak maksimal. “Karena masih tahap perencanaan strategi kampanye tapi dalam pergerakan yang sifatnya standar. Tapi itu menurut kami sudah memberi gambaran apa yang harus dilakukan ke depan,” ungkapnya.

Berdasarkan hasil simulasi tersebut, Appi mengaku siap dengan segala situasi jumlah calon. Dia mengaku bakal menyiapkan strategi tertentu berdasarkan jumlah calon yang akan maju nantinya.

“Artinya begini, pada saat 4 calon akan berbeda strategi kita kalau tiga calon, akan berbeda juga strategi kita kalau head to head. Kalau kita ini siap semua, tidak ada masalah berapa calon,” jelasnya.

Diketahui, survei SMRC tersebut dilakukan pada periode 7-14 Juni 2024 terhadap 410 orang responden dengan toleransi kesalahan atau margin of error ±5% dan tingkat kepercayaan 95%. Responden merupakan wajib pilih Kota Makassar minimal berusia 17 ke atas atau sudah menikah. Sampel dipilih menggunakan metode multi stage random sampling dengan jumlah proporsional.

Dilihat detikSulsel, Senin (24/6), dalam survei tersebut Appi unggul hingga mencapai 60% dalam simulasi head to head. Berikut hasil survei SMRC dalam simulasi head to head Appi dengan Rusdin Abdullah (Rudal), Indira Jusuf Ismail, dan Andi Seto Gadhista Asapa (ASA):

Simulasi Head to Head
Appi 60,1%
Rudal 17,3%
Tidak Tahu/Tidak Jawab 22,7%

Appi 47,9%
Indira 31,7%
Tidak Tahu/Tidak Jawab 20,3%

Appi 56,3%
ASA 19,8%
Tidak Tahu/Tidak Jawab 23,9%

Simulasi 3 Calon
Appi-Indira-ASA:

Appi 40,2%
Indira 28,7%
ASA 11,9%
Tidak Tahu/Tidak Jawab 19,2%

Appi-Rudal-ASA:

Appi 49,9%
Rudal 13,9%
ASA 13,7%
Tidak Tahu/Tidak Jawab 22,5%

Simulasi 4 Calon
Appi 35%
Indira 26,3%
ASA 10,9%
Rudal 8,4%
Tidak Tahu/Tidak Jawab 18,9% {sumber}