Menpora Dito Ariotedjo Rapat Bareng Jokowi dan Prabowo Bahas Event Olahraga Internasional 2025

Berita Golkar – Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo membahas penyelenggaraan kejuaraan olahraga Internasional tahun 2025 dengan Presiden Joko Widodo dan Presiden Terpilih Prabowo Subianto di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (9/7/2024).

Dito mengungkapkan, rapat tersebut membahas beberapa agenda olahraga utama yang akan menjadi event berskala internasional. “Kita rapat internal yang dipimpin oleh Bapak Presiden RI Jokowi beserta seluruh kabinet, beberapa menteri dan hadir juga presiden terpilih Prabowo Subianto ini dalam agenda utama terkait penyelenggaraan kejuaraan-kejuaraan olahraga Internasional 2025,” kata Dito, Selasa.

Ia menjelaskan, salah satu event olahraga yang dibahas adalah kejuaraan selancar dunia yang akan digelar di 7 lokasi. Selain itu, pemerintah juga akan menyelenggarakan kejuaraan dunia senam di Jakarta dan World Rally Championship diselenggarakan di Sumatera Utara.

Selanjutnya Indonesia akan menjadi tuan rumah untuk World Abilitysport Games, yaitu kejuaraan tingkat dunia seperti Paralimpiade. “Ini pesertanya seluruh negara khusus untuk olahraga kursi roda. Dan juga rencana pada 2025 UFC akan perdana di Indonesia, seperti yang sudah diketahui sudah berkunjung di Indonesia sejak 2023 akhir,” tutur Dito.

Kemudian, kata Dito, Presiden Jokowi menyetujui pemberian status organisasi olahraga internasional untuk FIFA dan FIBA berkantor resmi di Indonesia. Adapun kejuaraan dunia yang sudah rutin dilaksanakan, seperti MotoGP Mandalika, Aquabike, Power Boat H2O di Toba, dan MXGP akan tetap diselenggarakan pada tahun depan.

“Setiap event yang akan diselenggarakan 2025 sudah mencantumkan kebutuhan penyelenggaraan. Tadi sudah dievaluasi bapak Presiden dan akan dikoordinasikan dengan Kemenkeu, mana menjadi porsi pemerintah, mana yang dari dana pihak sponsor,” ujar dia. {sumber}