Adies Kadir Heran Muncul Isu Revisi UU MD3: Siapa Yang Usulkan?

Berita Golkar – Waketum Partai Golkar Adies Kadir berbicara soal munculnya isu revisi UU MD3. Adies mengaku heran usulan itu digulirkan oleh siapa.

“Mana, siapa yang usulkan? Mana, ada yang usulkan nggak? Wacana dari mana? Siapa yang ngomong?” kata Adies di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (1/8/2024).

Adies mendengar ada beberapa fraksi yang akan mengusulkan revisi tersebut. Kendati demikian, usulan itu belum mendapat tanggapan dari fraksi lainnya di DPR.

“Kemarin yang saya dengar itu kan ada yang mengusulkan ada beberapa fraksi, semua itu masuk dari pimpinan, semua fraksi masuk dari pimpinan. Tapi kan belum ada anggapan dari kawan-kawan fraksi lainnya. Ya Kita tunggu aja lah itu seperti apa,” ujar dia.

Pimpinan Komisi III DPR ini mengatakan belum ada obrolan sama sekali terkait revisi UU MD3. Adies menunggu dinamika yang terjadi.

“Bukan masalah urgensi ada apa nggak. Tetapi ini kan politik, itu kan dinamis. Sampai sekarang ini kan perkembangannya belum ada, belum ada, hanya selentingan-selentingan. Tapi kan pada saat kita ketemu ketua-ketua fraksi juga belum ada yang ngomong gitu. Jadi ya kita tunggu aja, kita lihat apakah ada apa nggak,” ujar Adies.

“Nggak ada, masih belum ada omongan sama sekali,” tambahnya.

Sebagai informasi, UU Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD atau MD3 sempat muncul wacana akan direvisi setelah mendadak muncul di daftar Prolegnas DPR. UU itu berkaitan dengan aturan soal penentuan kursi pimpinan DPR. {sumber}