Rapat Pleno Putuskan Agus Gumiwang Kartasasmita Jabat Plt Ketua Umum DPP Partai Golkar

Berita GolkarHasil rapat pleno DPP Partai Golkar pada Selasa (13/08) memutuskan Agus Gumiwang Kartasasmita sebagai Plt Ketua Umum DPP Partai Golkar. Dalam sambutannya, Agus Gumiwang Kartasasmita menyampaikan langsung amanah tersebut di hadapan insan pers yang hadir.

“Secara musyawarah mufakat saya diberi amanah menjadi plt ketua umum Partai Golkar,” kata Agus Gumiwang saat konferensi pers seusai rapat pleno.

Rapat pleno hari ini membahas tiga agenda. Pertama, pembacaan surat pengunduran diri Ketua Umum Airlangga Hartarto sekaligus penentuan pengganti alias plt ketum. Kedua, penentuan Jadwal Rapimnas. Ketiga, penentuan jadwal Munas.

Sebagai Plt Ketua Umum DPP Partai Golkar, Agus Gumiwang Kartasasmita berkewajiban menggelar Rapimnas dan Munas yang rencananya akan digelar pada hari yang sama yakni, 20 Agustus 2024. Pada agenda Munas nanti, Partai Golkar bakal memilih ketua umum definitif.

Sebelumnya, Airlangga Hartarto menyatakan mengundurkan diri dari jabatan ketua umum Partai Golkar. Alasan mundur, kata dia, untuk menjaga keutuhan Partai Golkar. Selain itu juga untuk memastikan stabilitas transisi Pemerintahan yang akan terjadi dalam waktu dekat.

“Saya Airlangga Hartarto, setelah mempertimbangkan dan untuk menjaga keutuhan Partai Golkar dalam rangka memastikan stabilitas transisi pemerintahan yang akan terjadi dalam waktu dekat, maka dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim serta atas petunjuk Tuhan Yang Maha Besar maka dengan ini saya menyatakan pengunduran diri sebagai Ketua Umum DPP Golkar,” kata Airlangga saat memberi pernyataan lewat video, Minggu (11/8/2024). {redaksi}