DPP  

Agus Gumiwang: Mundurnya Airlangga Hartarto Tinggalkan Rasa Pahit Bagi Para Kader Partai Golkar

Berita GolkarPelaksana tugas (Plt) Ketua Umum DPP Partai Golkar, Agus Gumiwang Kartasasmita membuka Rapat Pimpinan Nasional atau Rapimnas Partai Golkar di Jakarta Convention Center, Jakarta pada Selasa (20/08).

Dalam sambutannya, Agus Gumiwang menyampaikan rasa terima kasih yang mendalam kepada Airlangga Hartarto atas dedikasi memimpin Partai Golkar selama tujuh tahun ini.

“Izinkanlah saya mewakili seluruh kader Golkar se-Indonesia untuk mengucapkan terima kasih kepada Bapak Airlangga Hartarto atas dedikasi beliau dalam memimpin Partai Golkar selama tujuh tahun belakang ini,” kata Agus Gumiwang dikutip redaksi Golkarpedia dalam sambutannya.

Airlangga Hartarto sendiri tak tampak hadir dalam agenda Rapimnas dan Munas XI Partai Golkar hari ini. Meski begitu, jajaran DPP Partai Golkar tak ingin melupakan peran penting Airlangga Hartarto dalam mensukseskan kinerja partai di Pemilu 2024. Terbukti dari ucapan terima kasih yang diberikan jajaran elit DPP Partai Golkar.

Agus Gumiwang mengatakan, dirinya juga mewakili seluruh kader Partai Golkar dalam menyampaikan penghargaan atas prestasi yang dicapai Airlangga Hartarto selama menjabat, baik sebagai Ketua Umum maupun sebagai Menko Perekonomian.

Berbagai kesuksesan telah direngkuh Airlangga Hartarto selama memimpin Partai Golkar. Tercatat, Partai Golkar berhasil mendapatkan raihan 102 kursi DPR RI, jumlah raihan suara pun meningkat di Pemilu 2024. Selain itu, di bawah kepemimpinan Airlangga Hartarto, Partai Golkar berhasil memotori kemenangan Prabowo-Gibran di Pilpres 2024.

Agus Gumiwang lantas menyampaikan, bahwa pengunduran diri Airlangga Hartarto meninggalkan rasa pahit bagi segenap kader Partai Golkar. Meski begitu, pengunduran diri tersebut adalah hak individu Airlangga Hartarto yang mesti dihormati. “Walaupun terasa pahit, namun sikap beliau harus kita hormati,” kata dia.

Pasca mundurnya Airlangga Hartarto, Agus Gumiwang menekankan bahwa dinamika politik sudah pasti terjadi di Partai Golkar. Itu merupakan realitas yang harus kita hadapi bersama. Agus meyakini Partai Golkar akan mampu beradaptasi dengan setiap perkembangan politik yang muncul.

Agus menyebut Golkar sebagai partai yang telah biasa merasakan asam garam dan mengalami badai. “Kita sudah membuktikan diri kita sebagai partai yang dewasa dalam menyikapi dinamika politik, baik internal eksternal,” kata Menteri Perindustrian itu.

Pelaksanaan Rapimnas dan Munas Golkar dipercepat dari jadwal semula, yakni Desember 2024. Percepatan jadwal Munas berhubungan dengan mundurnya Airlangga Hartarto dari kursi pimpinan partai pada 10 Agustus lalu. {redaksi}