4 Anggota Fraksi Partai Golkar DPR RI Terpopuler Berdasar Kuantitas Pemberitaan Periode September 2024

Berita GolkarKetua MPR RI periode 2019-2024 yang juga merupakan politisi Partai Golkar, Bambang Soesatyo atau akrab disapa Bamsoet kembali meraih posisi pertama sebagai anggota Fraksi Partai Golkar DPR RI terpopuler periode September 2024. Selama ini, Bamsoet memang dikenal sebagai figur legislator yang gemar menerbitkan pemberitaan.

Latar belakang Bamsoet sebagai seorang jurnalis membuatnya memahami bagaimana fungsi pemberitaan terhadap popularitas seorang figur. Bamsoet membuktikannya dengan masivitas pemberitaan membuat namanya senantiasa dikenal oleh publik. Selain itu, berita-berita yang memuat namanya juga menjadi bagian dari tugas seorang anggota DPR RI yang diwajibkan berbicara kepada publik.

Anggota DPR yang duduk di gedung parlemen memiliki beberapa tugas dan fungsi, fungsi paling utama ada tiga hal, yakni fungsi legislasi, budgeting dan pengawasan. Dalam menjalankan fungsi-fungsi tersebut, anggota DPR RI jelas harus memiliki kapasitas komunikasi.

Ia harus secara terang menjelaskan kepada rakyat atau konstituen yang memilihnya apa saja pekerjaannya, bagaimana aspirasi yang dihembuskan rakyat dan lainnya.

Parlemen sendiri diambil dari kata “le Parle” yang mempunyai makna “bicara”. Jadi, jangan heran apabila orang-orang yang duduk di kursi parlemen adalah orang-orang yang “suka” berbicara di depan publik, karena memang tugas-tugasnya sebagai penyambung lidah rakyat kepada negara.

Saluran seorang anggota parlemen untuk berbicara adalah media publik. Media bisa menjadi indikator mengenai efektifitas kinerja seorang anggota parlemen diukur, dari apa yang dibicarakannya atau secara sengaja mempublikasikan kinerjanya.

Berangkat dari alasan ini, kami Golkarpedia.com mengadakan riset terkait anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar yang paling banyak diberitakan dalam kurun periode bulan September 2024. Pemberitaan seorang anggota DPR RI, bisa menjadi indikator populisme yang ia miliki.

Untuk urutan pertama, anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar yang paling banyak diberitakan adalah Bambang Soesatyo. Pada September 2024, Bamsoet memiliki 2.631 pemberitaan dengan jangkauan mencapai 20,8 juta reach.

Pemberitaan yang menyorot nama Bamsoet antara lain mengenai pernyataan dirinya yang menyebut bahwa kabinet pemerintahan Prabowo-Gibran bakal diisi 44 pos menteri. Pemberitaan lainnya adalah terkait dengan pencabutan TAP MPR Nomor XI/1998 yang secara implisit menyebut nama mantan Presiden Soeharto. Atas implikasi pencabutan TAP MPR itu, Bamsoet juga mengusulkan agar pemerintah menjadikan Soeharto pahlawan nasional.

Tak hanya mencabut TAP MPR XI/1998, Bamsoet sebagai Ketua MPR juga mencabut TAP MPR II/2001 yang berisi penolakan pertanggungjawaban Gus Dur sebagai Presiden RI. Berkat pencabutan TAP MPR kedua mantan presiden baik Soeharto dan Gus Dur, nama keduanya telah dibersihkan dari berbagai dosa masa lalu. Gus Dur juga diusulkan oleh Bamsoet sebagai pahlawan nasional.

Di posisi kedua, ada nama Ketua Komisi II DPR RI periode 2019-2024, Ahmad Doli Kurnia. Pada periode September 2024, Ahmad Doli Kurnia memiliki jumlah pemberitaan sebanyak 877 berita di berbagai media online. Jangkauan pemberitaan mengenai Ahmad Doli Kurnia sendiri cukup besar, mencapai 5,04 juta reach.

Berita mengenai Ahmad Doli Kurnia didominasi oleh pernyataannya tentang strategi sukses Partai Golkar di Pemilu 2024 yang membuat partai berlambang pohon beringin ini berhasil menduduki 102 kursi DPR RI. Ahmad Doli Kurnia yang menjabat sebagai Wakil Ketua Umum bidang pemenangan Pemilu memiliki peran sentral dalam kejayaan Partai Golkar di Pemilu 2024.

Selain itu dalam tugasnya sebagai Ketua Komisi II DPR, Ahmad Doli Kurnia juga mengusulkan agar adanya evaluasi terhadap MK dalam konteks ketatanegaraan. Ia sekaligus menegaskan bahwa baik DPR dan Komisi II, tak memiliki kewenangan dalam persoalan ini. Jalan satu-satunya untuk mengevaluasi kewenangan MK adalah melalui amandemen UUD NRI 1945.

Di posisi ketiga ada nama Ketua Komisi I DPR RI periode 2019-2024, Meutya Hafid yang masuk sebagai anggota DPR RI terpopuler September 2024. Pada periode September 2024 pemberitaan yang dimiliki Meutya Hafid adalah sebanyak 516 berita dengan capaian reach sebesar 4,1 juta jangkauan.

Beberapa pemberitaan mengenai Meutya Hafid antara lain terkait dengan candaan yang dilemparkan eks news anchor ini saat rapat Komisi I DPR. Ketika itu di hadapan presiden terpilih Prabowo, Meutya Hafid menyebut koleganya, Sugiono cocok sebagai Menteri Luar Negeri. Selanjutnya ada pujian yang disampaikan Meutya Hafid terkait pendekatan soft approach yang dilakukan TNI dalam upaya membebaskan pilot Susi Air yang disandera OPM.

Pemberitaan lain adalah mengenai persetujuan Komisi I DPR RI terhadap 33 calon duta besar RI. Persetujuan dikeluarkan dengan catatan yang tak bisa diungkap ke publik. Selanjutnya ada berita mengenai sosok Meutya Hafid yang makin santer diisukan duduki kursi menteri di kabinet Prabowo. Kabar itu makin mencuat menyusul Meutya Hafid yang datang ke kediaman Prabowo di Hambalang.

Ace Hasan Syadzily yang menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI periode 2019-2024 berada di urutan keempat. Komisi VIII DPR membidangi urusan agama, sosial, kebencanaan, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak. Pada September 2024 Ace Hasan Syadzily memiliki jumlah pemberitaan sebanyak 451 berita dengan jangkauan mencapai 3,8 juta reach.

Berita mengenai Ace Hasan Syadzily yang juga merupakan Ketua DPD I Partai Golkar Jawa Barat di antaranya terkait rilis buku mengenai kiprah Ace selama menjadi anggota legislatif DPR RI periode 2019-2024. Kemudian ada pernyataan Ace yang menilai Kemenag salahi kesepakatan dengan DPR RI soal 10 ribu tambahan kuota haji. Ada pula tanggapan Ace Hasan mengenai wacana pendirian Parpol oleh Anies Baswedan.

Tanggapan Ace soal isu Fahri Hamzah yang masuk Partai Golkar pun menjadi pemberitaan yang cukup banyak menjadi perhatian masyarakat. Ace menganggap bahwa Partai Golkar merupakan partai terbuka yang bisa dimasuki oleh siapapun, termasuk Fahri Hamzah. Berikutnya ada pemberitaan tentang kemungkinan komisi di DPR bertambah menyusul rencana penambahan jumlah kementerian.

Demikian daftar 4 anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar terpopuler periode September 2024. Daftar ini masih dapat berubah setiap bulannya dan kami redaksi Golkarpedia.com pun akan memperbarui daftar ini pada tiap periodenya. Semoga daftar ini menjadi pemicu semangat dari masing-masing anggota DPR RI agar lebih banyak bersuara di media.

Anggota Fraksi Partai Golkar DPR RI Terpopuler Berdasar Kuantitas Pemberitaan Periode September 2024

Bambang Soesatyo
Ketua MPR RI Periode 2019-2024
Total: 2.631 pemberitaan
Reach: 20,8 juta jangkauan

Ahmad Doli Kurnia
Ketua Komisi II DPR RI Periode 2019-2024
Total: 877 pemberitaan
Reach: 5,04 juta jangkauan

Meutya Hafid
Ketua Komisi I DPR RI Periode 2019-2024
Total: 516 pemberitaan
Reach: 4,1 juta jangkauan

Ace Hasan Syadzily
Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Periode 2019-2024
Total: 451 pemberitaan
Reach: 3,8 juta jangkauan {redaksi}

Leave a Reply