Bahlil Hingga Ahok Jadi Jurkam Airin Rachmi Diany dan Ade Sumardi di Pilgub Banten

Berita Golkar – Hasil survei elektabilitas Pilkada Banten 2024, Bahlil Lahadalia dan Megawati Soekarnoputri turun tangan jadi juru Kampanye Airin-Ade Sumardi.

Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur nomor urut 1, Airin Rachmi Diany-Ade Sumardi menurunkan kekuatan penuh di kampanye Pilkada Banten 2024. Bahkan Ketua Umum PDIP dan Golkar pun akan turun tangan.

Tim sukses (Timses) paslon nomor urut 1 di Pilkada Banten 2024, Airin Rachmi Diany-Ade Sumardi telah dilaporkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPUD) Banten.

Berdasarkan berkas yang dilihat Tribunnews.com di laman KPUD Banten, timses Airin-Ade diketuai oleh Sekretaris DPD Golkar Provinsi Banten, Bahrul Ulum. Lalu, untuk posisi sekretaris dijabat oleh Sekretaris DPD PDIP Provinsi Banten, Asep Rahmatullah.

Kemudian, dalam daftar tersebut, turut tertulis juru kampanye yang diisi oleh elite PDIP dan Golkar. Bahkan, nama Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri dan Ketua Umum Partai Golkar, Bahlil Lahadalia turut berada dalam daftar juru kampanye Airin-Ade.

“Megawati Soekarnoputri: Juru Kampanye. Bahlil Lahadalia: Juru Kampanye,” demikian tertulis dalam daftar timses Airin-Ade dikutip pada Minggu (6/10/2024).

Selain itu, adapula elite lainnya seperti Ketua Dewan Pembina Golkar, Agus Gumiwang Kartasasmita (AGK); Ketua DPP PDIP Bidang Kehormatan, Komarudin Watubun; hingga Ketua Bappilu PDIP, Bambang Wuryanto atau Bambang Pacul.

Bahkan, nama Basuki Tjahaja Purnama dan Ganjar Pranowo turut masuk dalam daftar anggota juru kampanye Airin-Ade dalam kontestasi di Pilkada Banten 2024.

Tak cuma itu, kader PDIP yang kini tengah berkontestasi di pilkada di provinsi lainnya seperti Rano Karno (Jakarta) dan Tri Rismaharini (Jatim) turut menjadi anggota juru kampanye bagi Airin-Ade.

Untuk selengkapnya berikut daftar timses Airin-Ade di Pilkada Banten 2024:

Ketua

Bahrul Ulum

Sekretaris

Asep Rahmatullah

Juru Kampanye:

Megawati Soekarnoputri

Hasto Kristianto

Bahlil Lahadalia

Agus Gumiwang Kartasasmita

Ahmad Basarah

Ribka Tjiptaning

Komarudin Watubun

Bambang Wuryanto atau Bambang Pacul

Deddy Yevri Sitorus

Djarot Saiful Hidayat

Sukur Nababan

Said Abdullah

Puan Maharani

Ganjar Pranowo

Yasonna Laoly

Ronny Berty Talapessy

Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok

Rano Karno

Nusyirwan Soejono

Sri Rahayu

I Gusti Ayu Bintang Darmawati

I Made Urip

SB Wiryanti Sukamdani

Eriko Sotarduga

Zuhairi Misrawi

Prananda Prabowo

Mindo Sianipar

Rokhmin Dahuri

M.Y Esti Wijayati

Utut Adianto

Arif Wibowo

Sadarestuwati

Adian Yunus Yusak Napitupulu

Aryo Adhi Dharmo

Olly Dondokambey

Rudianto Tjen

Yuke Yurike

Hendra Gunawan

Candra Irawan

Daryatimo Mardiyanto

Aria Bima

Abdullah Azwar Anas

Letjen TNI (Purn) Ganip Warsito

Y Vian Feoh

Komjen Pol (Purn) M. Nurdin

Andi Wijayanto

M Restu Hapsari

Irmadi Lubis

Andreas Hugo Pareira

Anggota Tim Pemenangan

Usmar Usman

Tukimin

Junaidi Fajri

Subarkah Purbo Asmoro

Iman Ariyadi

Haerul Jaman

Adde Rossi Chaerunnisa

Mujakkir Zuhri

Syadeli Wasi

Chusaeri

Yayat Hasrat

Boni Triyana

Sarifah Ainun Jariah

Joy Nugroho

Kabid Bagaskara

Galih Wawan Haryanto

Rencon Elias Nainggolan

Sri Burhana

Ediyansyah Rahman

Marinus Gea

Umar Usman

Soegiarto Santoso

Suciazhi

Sukatma

Hasil Survei Pilkada Banten

Berikut nomor urut dan paslon Airin vs Andra Soni di Pilkada Banten 2024:

  1. Airin Rachmi Diany-Ade Sumardi
  2. Andra Soni-Achmad Dimyati Natakusumah

Dua lembaga survei yang merilis popularitas dan elektabilitas calon gubernur dan calon wakil gubernur di Pilkada Banten 2024 yakni  Lembaga Survei Indonesia (LSI), dan Katadata Insight Center (KIC)

Persaingan Mesin Partai Airin vs Andra Soni

  1. Andra Soni-Achmad Dimyati Natakusumah

Paslon ini didukung 9 partai yakni  Partai Gerindra, PKS, Demokrat, PKB, PPP, PAN, Nasdem, PSI dan Partai Garuda.

  1. Airin Rachmi Diany-Ade Sumardi

Paslon ini didukung dua partai politik yakni Golkar dan PDIP.

Modal Ketenaran

Peneliti LSI, Hudjolly, per Agustus ini survei elektabilitas tertinggi dicapai oleh bakal calon gubernur Banten, Airin Rachmi Diany. Menurutnya, dari berbagai survei Airin memang masih diunggulkan di berbagai survei.

“Pada berbagai survei bakal calon gubernur Banten, Airin Rachmi Diany menunjukkan kecenderungan unggul dibanding nama calon lainnya,” ungkap Hudjolly.

Hudjolly mengatakan, hasil survei LSI mengungkapkan elektabilitas Airin melonjak hingga 77,3 persen.

Hal itu tercapai ketika disimulasikan head to head dengan Andra Soni, bakal calon gubernur Banten dari Partai Gerindra. Sejauh ini elektabilitas Andra Soni sekitar 10 persen, dan yang belum menentukan pilihan 12,7 persen.

Jika simulasi berpasangan dan head to head melawan pasangan bakal calon Andra Soni-Dimyati Natakusumah dengan duet Airin Rachmi Diany-Ade Sumardi, data elektabilitas pasangan ini mencapai 73,7 persen.

Elektabilitas Andra-Dimyati ada di kisaran 12,2 persen, dan yang belum menentukan pilihan 14,1 persen.

Menurutnya, elektabilitas dan popularitas merupakan dua modal kapital sosial mendasar dalam sistem politik elektoral. “Saat ini, pada uji popularitas malah menunjukkan dominasi ketenaran Airin yang sangat signifikan,” ungkapnya.

Dari catatan, survei tersebut dilakukan pada 27 Juli hingga 4 Agustus dengan metodologi survei tatap muka.

Populasi warga Banten berusia 17 tahun ke atas dengan sampel sebanyak 800 orang, dan menggunakan pola random sampling dengan toleransi kesalahan (margin of error) ±3.5 persen, serta tingkat kepercayaan 95 persen.

“Wawancara tatap muka dilakukan oleh pewawancara yang telah dilatih terhadap responden” ujar Hudjolly yg juga pendiri Lingkar Studi Masyarakat dan Hukum (RUSH) di Jakarta.

Kendali mutu hasil wawancara dilakukan secara random pada 20 persen dari total sampel oleh supervisor lapangan, dengan kembali mendatangi responden terpilih (spot check). “Dalam kendali mutu ini tidak ditemukan kesalahan berarti,” katanya.

Segmen Pemilih Airin

Terbaru survei Pilkada Banten 2024 ini dirilis Katadata Telco Survey oleh Katadata Insight Center (KIC) ini menggambarkan persaingan Andra Soni dan Airin Rachmi Diany hingga September ini.

Survei terbaru Pilkada 2024 dari KIC ini digelar dalam periode 4-9 September 2024. Selain elektabilitas, analisis survei juga dilakukan dengan kacamata telco behavior.

Segmentasi pemilih dipilah berdasarkan pola perilaku pemilih dalam penggunaan telekomunikasi.

Pemilahan ini membentuk 12 segmentasi yang menjadi dasar untuk menganalisis elektabilitas para pasangan calon di tiap provinsi, (sebagai catatan KIC menggelar survei di 6 provinsi di Indonesia termasuk Banten salah satunya).

Survey Manager KIC, Satria Triputra Wisnumurti, dalam rilisnya, Kamis (19/9/2024 ) mengatakan, survei pilkada di enam provinsi bertujuan melihat elektabilitas pasangan calon melalui analisis telco behavior.

Analisis elektabilitas melalui segmentasi pemilih telco akan menjembatani strategi meraup suara melalui ranah digital.

Hal ini diperkuat dengan enam provinsi tersebut merupakan wilayah besar dengan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) terbanyak.

Berdasarkan survei KIC ini, Airin unggul pada pemilih yang memiliki ketertarikan pada politics & news reader.

Hasil survei Pilkada Banten 2024 terbaru

Popularitas

– Andra Soni 39 persen

– Airin Rachmi Diany 71 persen

Elektabilitas

– Andra Soni 10 persen

– Airin Rachmi Diany 50,2 persen

Gambaran Awal Konstelasi Politik

Dia juga menjelaskan, elektabilitas Airin yang tinggi merupakan buah dari kerja politik selama ini. Jadi wajar kalau Airin cukup dikenal dan kemudian diinginkan tidak sedikit warga Banten untuk jadi gubernur.

Menurut Hudjolly, elektabilitas dan popularitas merupakan modal bagi kandidat yang akan maju di Pilkada.

“Survei adalah gambaran awal konstelasi politik saat ini. Namun di politik, semua bisa dinamis tergantung upaya masing-masing kandidat dalam melakukan upaya pemenangan hingga hari pemungutan suara,” ujarnya.

Ia menilai, Pilkada Banten memang cukup dinamis. Namun menurutnya, sangat riskan jika terjadi calon tunggal.

“Saya kira, baik Airin maupun Andra Soni, sama-sama terlahir dari Koalisi Indonesia Maju. Jadi keduanya seperti dua orang sahabat untuk berkompetisi di Pilkada Banten,” ujar Hudjolly. {}