Profil Dyah Roro Esti Calon Wamen Prabowo Punya Latar Belakang Pendidikan Mentereng

Berita Golkar – Inilah sosok Dyah Roro Esti, politikus Partai Golkar yang mendapatkan panggilan dari Prabowo Subianto untuk mengisi kabinet presiden dan wakil presiden terpilih.

Dyah Roro Esti adalah salah satu dari 49 tokoh yang dipanggil presiden terpilih Prabowo Subianto ke kediamannya di Kertanegara, Jakarta Selatan, Senin (14/11/2024).

Adapun, para tokoh itu dipanggil dalam rangka penunjukkan calon menteri dalam kabinet pemerintahan Prabowo-Gibran.

Saat dijumpai wartawan usai bertemu Prabowo Subianto, Dyah Roro Esti menyebut dirinya dipanggil untuk menjadi wakil menteri. Sementara, ia masih merahasiakan posisi kementerian yang nantinya akan ia tempati.

“Kalau untuk bidangnya nanti Bapak Prabowo akan memberi tahu teman-teman, intinya bidang ini cukup berkontribusi untuk pertumbuhan ekonomi kita,” kata Dyah Roro Esti dikutip dari Tribun Jabar.

Lantas, siapakah sosok Dyah Roro Esti? Pemilik nama lengkap Dyah Roro Esti Widya Putri, B.A., M.Sc. ini lahir di Jakarta, 25 Mei 1993. Ayahnya adalah pengusaha sekaligus politikus Satya Widya Yudha. Sementara, ibunya adalah Dian Ambarsari.

Perempuan yang akrab disapa Esti ini memiliki saudara tunggal bernama Satya Hangga Yudha Widya Putra yang merupakan salah sat upendiri Institut Energi dan Lingkungan Hidup Indonesia. Dia juga adalah anggota DPR RI periode 2019-2024 daerah pemilihan (dapil) Jawa Timur X.

Pendidikan

Sejak kecil, Dyah Roro Esti telah berpindah-pindah tempat tinggal. Ia pernah bersekolah di Marshall Road, Dwight School London, Global Jaya School, Beijing International School, Ho Chi Minh City International School, dan Jakarta International School.

Kemudian, Dyah Roro Esti melanjutkan pendidikan tingginya di Manchester University, Inggris dengan gelar Sarjana Ekonomi dan Sosiologi. Setelah lulus S1, Esti juga menyelesaikan kursus tingkat pascasarjana di Universitas Harvard.

Esti juga merupakan penerima beasiswa penuh LPDP dari Kementerian Keuangan dengan memegang gelar M.Sc. Teknologi Lingkungan dari Imperial College London.

Karier

Setelah lulus pascasarjana, Dyah Roro Esti bersama adiknya, Satya Hangga Yudha, mendirikan Indonesian Energy and Environmental Institute (IE21).

Adapun, IE21 adalah LSM yang berfokus pada meningkatkan kesadaran tentang pemanasan global dan dampak negatif perubahan iklim yang berbasis di Jakarta. Kemudian, Esti menjabat sebagai Direktur Eksekutif lembaga itu dari tahun 2016 hingga 2019.

Sementara itu di dunia politik, Dyah Roro Esti mencalonkan diri menjadi dalam Pileg 2019. Ia mewakili dapil Jawa Timur X yang meliputi Kabupaten Gresik dan Lamongan.

Berikut perjalanan karier Dyah Roro Esti selengkapnya:

  • Co-Founder Indonesian Energy and Environmental Institute (IE2I), Tahun: 2017–2018
  • Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Tahun: 2019–2024
  • Deputy Chair of the Advisory Board / Wakil Ketua Dewan Pembina METI, Masyarakat Energi Terbarukan Indonesia (METI), Tahun: 2022–Sekarang
  • Commissioner Board Member of Low Carbon Development Indonesia (LCDI), Low Carbon Development Indonesia, Tahun: 2021–Sekarang
  • Anggota BKSAP DPR RI, Badan Kerja Sama Antar Parlemen DPR RI, Tahun: 2019–2024
  • Ketua GKSB Peru-Indonesia, Tahun: 2019–2024
  • Anggota Board Member Young Parliamentarians IPU, Tahun: 2022-Sekarang
  • World Bank Young MPs Steering Committee, Tahun: 2022-Sekarang
  • Sekretaris Kaukus Ekonomi Hijau DPR RI, Tahun: 2019–2024
  • Bendahara Umum Musyawarah Kekeluargaan Gotong Royong (MKGR), Tahun: 2020–Sekarang
  • Deputy Treasurer of the Golkar Party/Wakil Bendahara Umum DPP Partai Golkar, Partai Golkar, Tahun: 2019-Sekarang {}