Bertemu Prabowo, Dito Ariotedjo Diminta Jadikan Olahraga Sebagai Sarana Diplomasi

Berita GolkarMenteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo mengungkapkan pesan atau keinginan presiden terpilih Prabowo Subianto untuk dunia olahraga Indonesia ke depan.

Ia menyebutkan, dalam diskusinya dengan Prabowo, olahraga tak boleh hanya dianggap sebagai kompetisi belaka. Tetapi juga bagian dari diplomasi dengan negara lain.

“Pak Prabowo menekankan bahwa olahraga bukan sekadar kompetisi, tapi juga sebagai sarana memperkuat citra dan prestise negara di mata dunia,” ujar Dito dalam keterangannya, Sabtu (19/10/2024), dikutip dari Kompas.

Ia menyebutkan, saat ini Indonesia tengah berupaya merajut kerja sama olahraga dengan beberapa negara. Hal itu, menjadi salah satu jalan untuk membangun hubungan baik antara Indonesia dengan berbagai negara lain.

“Ada yang namanya diplomasi olahraga. Bagaimana kita membangun hubungan baik antar negara dengan kerja sama olahraga,” paparnya.

“Saat ini, kita mulai membangun diplomasi olahraga dengan beberapa negara seperti Rusia, Arab Saudi, dan beberapa negara lainnya,” sambung dia.

Terakhir, Dito menyampaikan bahwa Prabowo ingin prestasi olahraga Indonesia ditingkatkan karena juga menjadi pemersatu masyarakat. Pasalnya, dengan menangnya para atlet di kancah internasional, masyarakat akan merasa bangga karena eksistensi Indonesia di mata dunia menjadi kian diperhitungkan.

“Dengan prestasi olahraga, kita bisa menunjukkan eksistensi Indonesia di mata dunia, juga menjadi ajang perekat persatuan dan kesatuan bangsa kita di akar rumput,” imbuh Dito.

Adapun Dito menjadi salah satu figur yang diperkirakan bakal tetap berada di jabatannya saat ini pada pemerintahan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Pasalnya, Dito turut dipanggil Prabowo ke Kertanegara IV, Jakarta Selatan, Senin (14/10/2024) dan mengikuti pembekalan calon menteri di Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Rabu (16/10/2024).

Ia mengaku banyak berdiskusi soal olahraga dengan Prabowo saat berada di Kertanegara. Selain Dito, ada legenda bulu tangkis Indonesia, Taufik Hidayat yang juga diminta Prabowo meningkatkan prestasi olahraga dalam negeri.

Dito dan Taufik sangat mungkin menjadi Menpora dan Wamenpora pada kabinet mendatang. Diketahui pergantian kekuasaan dari Presiden Joko Widodo ke Prabowo bakal berlangsung di Gedung Kura-Kura MPR RI, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2024) besok pagi.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra Ahmad Muzani menyampaikan, Prabowo bakal langsung mengumumkan formasi kabinetnya pada Minggu malam. {}