Ilham Pangestu Gelar Pelatihan Pengelolaan Bumdes Untuk 30 Gampong di Langsa

Berita GolkarSebanyak 30 gampong dalam wilayah Kota Langsa yang memiliki Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) mengikuti pelatihan di Aula Sekdakot Langsa, Senin (9/10).

Pelatihan pengelolaan BUMDes ini digagas Anggota DPR-RI dari Fraksi Golkar yakni H Ilham Pangestu yang turut menggandeng Balai Pelatihan Pemberdayaan Masyarakat Desa Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Pekan Baru selama empat hari ke depan, sejak 9 hingga 12 Oktober 2023 mendatang.

Anggota DPR RI, H Ilham Pangestu diwakili oleh Sekretaris DPD II Partai Golkar Langsa, Khairul mengatakan, BUMDes adalah sebuah lembaga ekonomi yang menganut asas mandiri dengan modal usaha yang sumbernya dari masyarakat.

Namun, secara nasional BUMDes berfungsi sebagai pilar kemandirian bangsa yang menampung kegiatan ekonomi masyarakat yang berkembang menurut ciri khas desa atau gampong dalam rangka meningkatkan kesejahteraan.

“Lembaga ini diharapkan mampu menjawab tantangan masa depan yang seyogianya dapat meningkatkan taraf hidup ekonomi masyarakat yang ada di masing-masing gampong,” terang Khairul.

Pelatihan hari ini merupakan upaya anggota Komisi V DPR RI, H Ilham Pangestu dalam memperbaiki performa pengurus dalam pengelolaan BUMDes selaras dengan kemajuan zaman.

“Terima kasih kepada Balai Pelatihan Pemberdayaan Masyarakat Desa Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Pekan Baru. Saya berharap setelah kegiatan ini akan ada peningkatan pemahaman tentang konsep dasar BUMDes dan kemampuan manajerial dalam pengelolaan proses produksi dan pemasaran produk oleh para peserta,” ujarnya.

Wakil Ketua I DPRK Langsa, Syaifullah SE, MM saat membuka acara tersebut menyatakan, semoga pelatihan pengelolaan BUMDes ini dapat bermanfaat dan menjadi ujung tombak untuk kemajuan perekonomian di masing-masing gampong dalam wilayah Kota Langsa.

“Terima kasih kepada peserta yang telah hadir dan saya berharap untuk serius selama mengikuti pelatihan baik materi maupun praktek. Sehingga, nantinya bisa diaplikasikan dimasing-masing gampong dan bertambahnya ilmu para pengurus BUMDes untuk arah yang lebih baik lagi,” tandas Saifullah yang juga Ketua Harian DPD II Partai Golkar itu. {sumber}