Daerah  

Rudi Hartono Curiga Karhutla di Katingan Disengaja, Minta Aparat Tindak Tegas

Berita GolkarMemasuki musim kemarau, anggota DPRD Kabupaten Katingan Rudi Hartono mengingatkan kepada Instansi terkait untuk mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

”Untuk itu, BPBD setempat dan relawan damkar harus siaga. Sehingga, jika terjadi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) bisa diantisipasi sedini mungkin,” katanya, Senin (1/5/2023).

Menurutnya, dari sekarang perlu dipersiapkan seluruh sumber daya yang ada. Termasuk kesiapan relawan pemadam api hingga armada untuk memadamkan kebakaran.

”Iya, perlu dipersiapkan. Jika sewaktu-waktu terjadi kebakaran pemerintah bisa mengambil tindakan yang cepat,” bjelasnya.

Di sisi lain, instansi teknis harus memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat terhadap bahaya karhutla pada musim kemarau. Selain merusak lingkungan, dampaknya juga menghambat aktivitas dan roda perekonomian masyarakat.

”Misalnya, meningkatnya kabut asap dan jumlah karbon yang dapat menggangu saluran pernapasan. Selain, itu mengganggu arus lalu lintas bagi para pengendara dan penyaluran komoditas kebutuhan pangan,” imbuhnya.

Ia juga mengingatkan, masyarakat jangan melakukan pembakaran lahan dengan sembarangan. Sebab, itu titik api tersebut dapat menjalar ke tempat lain.

”Termasuk para pengguna rokok agar jangan membuang sisa rokoknya ke lahan yang kering. Jelas itu sangat berbahaya nantinya jika tidak dimatikan terlebih dulu,” pungkasnya. {sumber}