Wamendag Jerry Sambuaga Sampaikan Soal Perjanjian Perdagangan Internasional di Kotamobagu

Berita Golkar – Kementerian Perdagangan atau Kemendag melakukan kunjungan sosialisasi di Kotamobagu, Sulawesi Utara.

Adapun kunjungan yang dilakukan Kemendag tersebut bagian dari upaya sosialisasi perjanjian perdagangan internasional. Kemendag melalui Wakil Menteri Jerry Sambuaga menggelar sosialisasi di Sutanraja Hotel, Kotamobagu, Kamis (30/11/2023).

Sosialisasi Perjanjian Perdagangan Internasional tersebut terkait Perundingan Perdagangan Jasa yang diselenggarakan oleh Direktorat Perdagangan Perundingan Jasa Direktorat Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional (Ditjen PPI).

Sosialisasi ini merupakan upaya peningkatan kerja sama perdagangan internasional, tidak hanya sektor barang, namun juga sektor jasa.

Menurut Wamendag, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), sektor jasa berkontribusi sebesar 55 persen terhadap produk domestik bruto (PDB).

“Kita melakukan sosialisasi dan literasi terkait pentingnya hasil-hasil perundingan jasa sebagai bagian dari program pemerintah,” katanya.

“Program pemerintah yang diperjuangkan di tingkat internasional agar produk jasa Indonesia dapat teraktualisasi dengan baik,” terangnya.

Acara tersebut turut dihadiri oleh pemerintah Kota Kotamobagu melalui Dinas Perdagangan. Selain itu, acara tersebut juga dihadiri oleh berbagai pelaku usaha di Kota Kotamobagu.

Sebelumnya, Wamendag juga telah melakukan beberapa kunjungan kerja dan sosialisasi, termasuk di Bolaang Mongondow Utara, Bolaang Mongondow Selatan dan Minahasa Selatan. {sumber}