Partai Golkar Siapkan Andi Kartini Ottong Bertarung di Pilkada Sinjai 2024

Berita Golkar – DPP Partai Golkar mulai menyiapkan nama-nama kader maju calon bupati di pilkada serentak 2024. Di Sinjai, DPP Golkar menyiapkan nama Andi Kartini Ottong.

Perempuan kelahiran Sinjai 20 Juli 1971 itu adalah Ketua DPD II Golkar Sinjai. Sebelumnya ia menjabat Wakil Bupati Sinjai periode 2018-2023 mendampingi Andi Seto Gadhista Asapa.

Jika maju calon Bupati, Andi Kartini Ottong berpeluang pecah kongsi dan berhadapan dengan pasangannya, Andi Seto Gadhista Asapa.

Mantan Wakil Bupati Sinjai, Sulawesi Selatan, Andi Kartini Ottong merespon baik sikap DPP Partai Golkar yang mengusung dirinya sebagai calon bupati Sinjai.

Ia menyambut bahagia keputusan DPP Golkar yang mengusung namanya dalam daftar usungan calon bupati pada Pilkada serentah tahun depan.

“Ini adalah amanah yang harus dijalankan sebaik-baiknya. Tugas kami adalah memenangkan Partai Golkar pada Pemilu serentak  2024,” kata Andi Kartini Ottong kepada TribunSinjai.Com, Minggu (19/11/2023).

Target Ketua DPD II Golkar Sinjai itu adalah memperoleh enam kursi di pemilu 2024 mendatang. Pada Pemilu 2019 lalu, Golkar Sinjai hanya mengoleksi empar kursi di DPRD Sinjai. Pamilu sebelumnya juga memperoleh empat kursi.

Untuk memastikan diri mengusung kader jadi calon bupati Sinjai maka partai tersebut harus memperoleh enam kursi di parlemen. Saat ini Andi Kartini telah mendaftar sebagai calon bupati di Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

PKS saat ini telah memiliki tiga kursi di DPRD Sinjai saat ini. Kartini memutuskan tak lagi paket dengan mantan Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa sejak tahun 2022 lalu.

Dukungan untuk melawan Andi Seto di Pilkada 2024 mendatang mendapat dukungan dari Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf sekaligus paman dari Andi Kartini Ottong.

Ia juga mendapat dukungan dari petinggi DPD I Golkar Sulsel agar Andi Kartini Ottong maju jadi calon bupati Sinjai September tahun 2024 mendatang.

Pada Jumat (17/11/2023) lalu, DPP Golkar menerbitkan surat yang bernomor: Sund-308/Golkar/XI/2023 yang diterbitkan pada tanggal 16 November 2023 oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar yang isinya mengusung Andi KartiniOttong sebagai calon bupati pada Pilkada 2024 mendatang.

Keputusan itu bersama sejumlah calon bupati, walikota dan gubernur di Sulsel.

Tandatangan pada surat tersebut berasal dari Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Golkar, Ahmad Doli Kurnia Tandjung, dan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Golkar, Lodewijk F Faulus.

Total terdapat 35 nama yang masuk dalam daftar bakal calon kepala daerah yang diusung oleh Partai Golkar untuk Pilkada 2024.

Diantaranya, empat nama dijagokan sebagai bakal calon Gubernur Sulsel, termasuk Taufan Pawe, mantan Wali Kota Parepare dua periode dan Ketua DPD I Golkar Sulsel.

Selain itu, terdapat Adnan Purichta Ichsan, Bupati Gowa dua periode dan anggota DPRD Sulsel Fraksi Golkar periode 2014—2015, serta Indah Indriani Putri, Bupati Luwu Utara dan Ketua DPD II Golkar Lutra, serta mantan Wali Kota Makassar dua periode, Ilham Arief Sirajuddin (IAS).

Sementara itu, 31 nama lainnya disiapkan untuk bersaing dalam Pilkada 24 di kabupaten/kota di Sulsel. {sumber}